SOLOPOS.COM - Foto kolase Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil. (Istimewa/Tangkapan Layar)

Solopos.com, JAKARTA — Lembaga survei Indikator Politik Indonesia menyebut Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil unggul dalam simulasi pasangan calon (paslon) capres dan cawapres Pemilu 2024. 

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan bahwa keduanya mengungguli pasangan Prabowo Subianto dan Khofifah Indar Parawansa mendapatkan perolehan suara 30,5 persen dan pasangan Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 18,5 persen.

Promosi Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis Ini

“Ganjar-Ridwan Kamil dengan perolehan 40,1 persen unggul atas pasangan Prabowo-Khofifah dan Anies-AHY,” kata Burhanuddin dalam rilis survei terbaru dikutip, Jumat (19/5/2023) via Bisnis.com.

Sebelumnya, Burhanuddin menyebut elektabilitas Ganjar pada survei terbaru yakni mencapai 29,3 persen atau yang tertinggi dalam simulasi 19 nama capres.

“Suara Ganjar itu rebound di survei pasca-deklarasi PDI Perjuangan maupun PPP. Rebound-nya cukup tajam, dari 19,8 persen naik [ke 29,3 persen],” ujarnya.

Elektabilitas Ganjar sempat turun bahkan disalip oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto pada survei sebelumnya. 

Hal itu besar dipengaruhi oleh batalnya Piala Dunia U-20, yang penyelenggaraannya ditolak oleh Ganjar karena keikutsertaan Timnas Israel. 

Namun demikian, seusai deklarasi langsung oleh PDIP sebagai bacapres, Ganjar menikmati peningkatan suara elektabilitasnya.

Sebagai informasi, survei terbaru Indikator Politik ini dilakukan mulai 30 April hingga 5 Mei 2023. Target populasi survei yakni WNI berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki ponsel, atau sekitar 83 persen dari populasi nasional.

Namun demikian, Burhanuddin mengaku bahwa 17 persen sisanya yang merupakan kelompok masyarakat ekonomi kelas menengah ke bawah yang tidak memiliki ponsel, tidak terwakili. 

Pemilihan sampel dilakukan dengan metode random digit dialing (RDD) dengan 1.200 responden dipilih melalui pembangkitan nomor telepon secara acak.

Margin of error diperkirakan sekitar 2,9 persen, dan tingkat kepercayaan 95 persen. 

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Survei Indikator: Paslon Ganjar – Ridwan Kamil Puncaki Simulasi Pilpres 2024”

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya