SOLOPOS.COM - Pemerintah akan kembali membuka lowongan untuk formasi CPNS dan PPPK 2022 dengan total kuota penerimaan sebanyak 1.086.128 orang. (Ilustrasi/Solopos Dok)

Solopos.com, JAKARTA — Pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) akan segera dibuka oleh pemerintah pada Juni atau Juli 2024.

“Untuk pelaksanaan seleksi CASN tahun 2024, rencananya akan dilaksanakan mulai Bulan Juni atau Juli setelah instansi menerima Surat Keputusan Menteri PANRB tentang penetapan kebutuhan/formasi pegawai ASN,” ujar Menpan RB Abdullah Azwar Anas, saat konferensi pers mengenai pengadaan ASN tahun 2024, di Jakarta, Jumat (3/5/2024), dilansir Bisnis.com.

Promosi Dapat Dukungan BRI, Klaster Usaha Kain Tuan Kentang Palembang Naik Kelas

Meskipun begitu, hingga kini pemerintah belum memberikan jadwal resmi tentang pembukaan pendaftaran CPNS dan PPPK.

“Namun, untuk kepastian jadwal pengumuman oleh instansi, pendaftaran, dan seleksi, masih dinamis mengikuti perkembangan yang ada,” ujarnya.

Meskipun pemerintah telah mengumumkan ada sejumlah instansi yang sudah menyiapkan formasi untuk CPNS dan PPPK.

Bagi anda yang berminat mendaftar CPNS, dapat melihat syaratnya melalui situs sscasn.bkn.go.id.

Adapun persyaratan umum mendaftar CPNS diatur dalam MenPAN-RB Nomor 27 Tahun 2021 Tentang Pengadaan Pegawai Negeri Sipil, syarat dan ketentuan pendaftaran CPNS 2023 adalah sebagai berikut:

  • Warga Negara Indonesia
  • Minimal usia 18 tahun dan maksimal 35 tahun
  • Sehat jasmani dan Rohani
  • Peserta tidak pernah dipidana penjara Peserta tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat atau berhenti dari Polisi, TNI, dan kepolisian
  • Tidak berstatus sebagai CPNS, PNS, TNI, dan sejenisnya
  • Peserta memiliki kualifikasi pendidikan yang sesuai dengan jabatan yang dibuka Bukan anggota atau pengurus partai politik Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia maupun negara lain sesuai dengan ketentuan instansi
  • Peserta pun diminta untuk menyiapkan sejumlah berkas sesuai dengan yang diminta oleh masing-masing instansi.

Daftar Dokumen Penting untuk Daftar CPNS 2024

Berikut ini adalah daftar dokumen penting yang harus disiapkan untuk mendaftar CPNS 2024:

  • Pasfoto berlatar belakang merah ukuran maksimal 200 Kb dengan format jpeg/jpg
  • Swafoto ukuran maksimal 200 Kb dengan format jpeg/jpg
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP), diunggah dengan ukuran maksimal 200 Kb dengan format jpeg/jpg Ijazah, diunggah dengan ukuran maksimal 800 Kb dengan format pdf
  • Sertifikat Pendidik (Serdik) atau Surat Tanda Registrasi (STR)
  • Transkrip nilai, diunggah dengan ukuran maksimal 500 Kb dengan format pdf
  • Dokumen lain sesuai dengan ketentuan jenis formasi dan instansi yang dilamar seperti surat lamaran kerja, hingga surat pengalamn kerja.
  • Setelah menyiapkan sejumlah berkas tersebut, peserta dapat memindai dokuman dan menunggahnya ke laman SSCASN.

Link dan Cara Daftar CPNS 2024

Berikut cara membuat akun untuk bisa login ke dalam situs sscasn.bkn.go.id:

  1. Buka laman resmi SSCASN di https://sscasn.bkn.go.id
  2. Daftar untuk buat akun SSCASN
  3. Lengkapi informasi yang diminta untuk membuat akun, seperti email aktif, nomor HP, Nomor Induk Kependudukan (NIK), serta nomor Kartu Keluarga (KK).
  4. Pastikan kembali data yang kamu masukkan sudah lengkap dan benar lalu tekan ‘Lanjutkan’
  5. Pilih ‘Proses Pendaftaran Akun’
  6. Tunggulah sampai informasi konfirmasi muncul
  7. Setelah berhasil, Anda bisa langsung melakukan login akun SSCASN secara resmi.
  8. Jangan lupa untuk lengkapi informasi data diri secara benar.
  9. Pastikan kembali informasi yang diunggah sudah memenuhi syarat, lalu klik Selanjutnya untuk mengunggah berbagai dokumen persyaratan lain.

Formasi CPNS 2024

Adapun total persetujuan prinsip formasi tahun 2024 sebesar 1.289.824 yang terbagi menjadi 427.650 formasi pada instansi pusat dan 862.174 formasi pada instansi daerah, termasuk talenta digital yang akan ditempatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN) dan pemerintah daerah.



Setelah memperoleh SK penetapan tersebut, instansi pemerintah berkoordinasi dengan BKN untuk pengumuman lowongan formasi dan persiapan seleksi tahun 2024.

Diharapkan, pada awal Juli sudah ada pengumuman mengenai waktu dan lokasi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Hingga 2 Mei 2024 tepatnya pukul 20.10 WIB, 602 instansi pemerintah telah melakukan perincian ke dalam sistem layanan SIASN milik BKN.

Perlu diingat, total persetujuan prinsip formasi tersebut sebesar 1.289.824 untuk memenuhi kebutuhan ASN 2,3 juta secara bertahap.

Dari total usulan yang disampaikan serta yang telah dilakukan verifikasi dan validasi oleh BKN, menghasilkan pemenuhan SDM talenta digital untuk penempatan di IKN sebanyak 2.906.

Sementara itu, pemenuhan talenta digital pemerintah daerah sebanyak 19.817 formasi, sedangkan SDM Aparat pengawasan Intern Pemerintah (APIP) sebesar 794, terdiri atas 491 auditor dan 301 Pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan di Daerah (P2UPD).

Menteri Anas juga merinci pemenuhan SDM yang akan ditempatkan di IKN sebanyak 71.643 formasi. “Jumlah itu terdiri dari 14.114 CPNS dan 57.529 PPPK,” papar Menteri Anas.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Jangan Kelewat, Ini Daftar Dokumen Penting untuk Daftar CPNS pada Juni 2024”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Pendapatan Pekan Perdana "Inside Out 2" Tempel "Incredibles 2"

Pendapatan Pekan Perdana "Inside Out 2" Tempel "Incredibles 2"
author
Newswire , 
Akhmad Ludiyanto Selasa, 18 Juni 2024 - 00:37 WIB
share
SOLOPOS.COM - Poster film "Inside Out 2". (Antara/HO-Disney Indonesia)

Solopos.com, JAKARTA – Film animasi dari studio animasi Pixar “Inside Out 2” meraup pendapatan USD155 juta pada pekan pembuka atau terbesar kedua untuk film animasi di bioskop domestik Amerika Utara.

Film itu hanya kalah dari “Incredibles 2” yang rilis pada tahun 2018 lalu dengan perolehan pendapatan USD182 juta di pekan pertama penayangannya.

Promosi Dapat Dukungan BRI, Klaster Usaha Kain Tuan Kentang Palembang Naik Kelas

Menurut laporan Comscore, dikutip Antara dari IGN pada Senin (17/6/2024), “Inside Out 2” juga mencetak pekan pembuka di bioskop domestik Amerika terbesar di tahun 2024 sekaligus menjadi film pertama yang melampaui USD100 juta dalam hanya beberapa hari pertama sejak peluncuran film “Barbie”.

“Inside Out 2” menghasilkan USD140 juta di bioskop internasional dan secara total berhasil menghimpun USD295 juta, menjadikannya sebagai salah satu film dengan pembukaan penayangan terbaik sepanjang masa untuk kategori animasi.

Koran Solopos

Capaian ini menjadi kabar gembira bagi Pixar setelah melewati tahun-tahun sulit yang dimulai pada saat pandemi Covid-19. Pandemi memaksa Disney dan Pixar untuk merilis film “Onward” secara digital hanya dua pekan setelah penayangannya di bioskop.

Selain itu, tiga judul film setelahnya yakni “Soul”, “Luca”, dan “Turning Red” hanya dirilis eksklusif di layanan pemutaran film Disney+.

Film “Lightyear” menandai kembalinya Pixar ke layar lebar pada 2022. Namun, film tersebut hanya mampu mengumpulkan keuntungan 226 juta dolar AS secara global.

Emagazine Solopos

Kemudian, film “Elemental” mulai meningkatkan pendapatan untuk studio animasi tersebut, dengan meraup hampir 500 juta dolar AS secara global dan menjadi film animasi original terlaris setelah “Coco” pada tahun 2017.

Ke depan, Pixar sedang menggarap proyek animasi “Elio” yang bakal rilis tahun 2025 dan “Toy Story 5” yang tayang 2026.

Presiden Pixar Jim Morris mengatakan bahwa mereka berencana untuk membuat tiga film setiap dua tahun dan lebih berfokus pada waralaba yang sudah ada seperti “The Incredibles” dan “Finding Nemo”.

Interaktif Solopos



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Liburan, Anang-Ashanty Nongkrong di Pinggir Sungai Han Korsel

Liburan, Anang-Ashanty Nongkrong di Pinggir Sungai Han Korsel
author
Newswire , 
Akhmad Ludiyanto Selasa, 18 Juni 2024 - 00:20 WIB
share
SOLOPOS.COM - Tangkapan layar Instagram Stories perjalanan berlibur Anang dan Ashanty bersama keluarga di Korea Selatan dalam momen libur Idul Adha 1445H, Senin (17/6/2024). (Antara/Livia Kristianti)

Solopos.com, JAKARTA – Pasangan artis Anang dan Ashanty memilih berlibur di Korea Selatan atau Korsel di momen libur panjang pada momen perayaan Hari Raya Iduladha 1445H. Di sana mereka menghabiskan waktu bersama keluarga di tepi Sungai Han.

Sungai Han di Korea memang menjadi salah satu ruang publik yang menjadi daya tarik baik bagi masyarakat lokal maupun turis untuk menghabiskan waktu berlibur. Maka tak heran tempat ini juga menjadi destinasi yang dipilih oleh Anang dan Ashanty untuk menjalani quality time di momen berlibur kali ini.

Promosi Dapat Dukungan BRI, Klaster Usaha Kain Tuan Kentang Palembang Naik Kelas

Ternyata sehari sebelumnya, Ashanty dan Anang sudah berencana untuk menikmati suasana di sekitar Sungai Han namun ternyata rencana itu gagal karena matahari sudah terbenam.

Beruntung akhirnya tepat di momen Iduladha yakni Senin (17/6/2024) akhirnya keluarga tersebut berhasil memenuhi rencana itu.

Koran Solopos

“Ini anti gagal nih, kemarin kita gagal karena gelap. Sungai Han gak kelihatan, mau makan gak kelihatan. Nah sekarang udah terang,” kata Ashanty dalam unggahan Instagram Stories-nya @ashanty_ash.

Untuk menyempurnakan momen kebersamaan tersebut, keluarga Anang dan Ashanty ini terlihat mengikuti kebiasaan masyarakat lokal dengan membeli berbagai macam camilan, minuman, dan semangkuk ramyeon hangat.

Dalam momen tersebut terlihat juga kedua buah hati mereka yaitu Arsy dan Arsya turut menikmati kegiatan bersantai di sungai kebanggaan orang Korea Selatan tersebut.

Emagazine Solopos

Bertepatan dengan momen Iduladha 1445H, pasangan selebritas itu juga sempat mengunggah ucapan bagi para pengikutnya. Terlihat dari unggahan keduanya di Instagram yang memasang foto umrah yang dilakukan pada 2023.

Unggahan tersebut diikuti dengan pesan penyemangat, “Dengan semangat Qurban semoga kita selalu diberikan kekuatan untuk meneladani ketaqwaan Nabi Ibrahim dan keikhlasan Nabi Ismail. Taat Perintah, sabar menerima ujian, penyerahan jiwa sepenuhnya kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala semata”.

Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Koalisi Perubahan untuk Pilkada Boyolali Terbentuk, Ini Daftar Cabup-Cawabupnya

Koalisi Perubahan untuk Pilkada Boyolali Terbentuk, Ini Daftar Cabup-Cawabupnya
author
Suharsih Senin, 17 Juni 2024 - 23:36 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ketua DPD Partai Golkar Boyolali Fuadi menandatangani surat perjanjian kerja sama partai Koalisi Perubahan Boyolali di salah satu restoran di wilayah Pengging, Banyudono, Senin (17/6/2024). (Solopos/Ni’matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI — Koalisi Perubahan Boyolali yang beranggotakan tiga partai politik yakni Partai Golkar, PKB, dan Partai Gerindra, untuk mengusung calon bupati dan calon wakil bupati atau cabup-cawabup di Pilkada Boyolali 2024 resmi terbentuk.

Ketiga parpol anggota koalisi tersebut masing-masing sudah memiliki daftar cabup-cawabup, baik yang diperoleh dari hasil penjaringan secara terbuka maupun melalui penugasan langsung dari pimpinan pusat parpol.

Promosi Dapat Dukungan BRI, Klaster Usaha Kain Tuan Kentang Palembang Naik Kelas

Nama-nama cabup-cawabup itu bakal digodok dalam koalisi untuk menentukan siapa yang akan diusung pada Pilkada Boyolali 2024. Berdasarkan data dan catatan Solopos.com, berikut nama-nama cabup-cawabup dari Koalisi Perubahan Boyolali.

1. Fuadi

Nama Fuadi muncul bukan dari proses penjaringan parpol. Sesuai mekanisme yang berlaku di Partai Golkar, Ketua DPD Partai Golkar Boyolali itu muncul sebagai calon bupati berdasarkan penugasan langsung dari DPP Partai Golkar.

Koran Solopos

2. Jumariyanto

Mantan PNS yang kemudian menjadi pengusaha sukses dengan mendirikan Regar Sport asal Wonogiri ini kali pertama mencuat ke publik sebagai calon bupati Boyolali kala ia mengunjungi Kantor DPD Partai Golkar Boyolal pada Kamis (9/5/2024).

Kemudian, pada Selasa (14/5/2024), Jumariyanto mengambil formulir pendaftaran cabup di DPC Partai Gerindra Boyolali.

3. Fauzan Arif Munandar

Dokter gigi yang juga Wakil Ketua Gerakan Pemuda (GP) Ansor Boyolali ini kali pertama mencuat sebagai calon bupati Boyolali sekitar pertengahan April 2024 lalu.

Pada Rabu (15/5/2024), Fauzan mengambil formulir pendaftaran sebagai calon wakil bupati (cawabup) di DPC Partai Gerindra Boyolali. Pengambilan formulir pendaftaran Fauzan hanya berselang sehari setelah Jumariyanto mengambil formulir cabup di partai yang sama.

Meski mengambil formulir untuk cawabup, saat mengembalikan formulir itu ke DPC Partai Gerindra, Senin (27/5/2024), tokoh muda yang akrab disapa Mas Dokter itu mengubah pilihannya menjadi calon bupati.

3. Muhammad Signori

Muhammad Signori menjadi tokoh termuda yang masuk bursa cabup-cawabup Pilkada Boyolali 2024 sejauh ini. Pemuda berusia 24 tahun itu diketahui merupakan pengusaha dan saat ini menjabat direktur di salah satu perusahaan konstruksi.

Emagazine Solopos

Meski masih muda, Signori tidak asing dengan dunia politik karena sang ayah, Sugiyarto, pernah maju sebagai cawabup pada Pilkada Boyolali 2015. Sugiyarto kala itu maju sebagai cawabup berpasangan dengan Agus Purmanto sebagai calon bupati.

Mereka melawan pasangan Seno Samodro dan Said Hidayat yang kemudian menang pada Pilkada 2015. Pada Pilkada 2024 ini, Signori mendaftar sebagai cawabup melalui PKB. Ia mengambil formulir pendaftaran di DPC PKB Boyolali pada Senin (20/5/2024).

4. Turisti Hindriya

Seperti halnya Signori, Turisti Hindriya juga mendaftar pada penjaringan cabup-cawabup di DPC PKB Boyolali. Ihwal pengambilan formulir Turisti disampaikan Sekretaris Dewan Syuro PKB Boyolali, Rudi Hartono.

Turisti Hindriya diketahui pernah menjadi anggota DPRD Boyolali selama dua periode. Sempat pula maju sebagai calon anggota DPRD Boyolali lewat PKB pada Pemilu 2019 namun gagal mendapat kursi.

5. M Chamim Irfani

M Chamim Irfani diketahui mendaftar sebagai calon bupati melalui PKB. Namanya kali pertama mencuat saat Himpunan Pemuda Tani Boyolali menyampaikan dukungan kepada anggota DPRD Provinsi Jateng itu untuk ikut kontestasi.

Selain itu, dukungan juga datang dari Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (Ika PMII) Boyolali kepada pria yang sudah 15 tahun menjadi anggota DPRD Jateng tersebut.

6.  Agus Irawan

Agus Irawan yang merupakan adik kandung mantan ajudan Presiden Jokowi, Devid Agus Yunanto. Agus bekerja sebagai PNS di Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kota Solo.

Interaktif Solopos

Warga Sindon, Ngemplak, Boyolali, itu mendaftar sebagai cabup Boyolali pada penjaringan di Partai Gerindra. Sebelum Agus Irawan mendaftar sebagai cabup, sang kakak, Devid, sudah lebih dulu digadang-gadang menjadi cabup Boyolali. Namun hingga ini Devid tidak mendaftar sebagai cabup-cawabup di parpol mana pun di Boyolali.

7. Prayitno

Warga Desa Sempu, Kecamatan Andong, Boyolali, Prayitno, mendaftar sebagai cawabup pada penjaringan di PKB Boyolali, Jumat (7/6/2024) sore. Ia adalah suami dari anggota Fraksi PDIP di DPRD Boyolali, Suryanti.

Prayitno merupakan pengusaha properti di Semarang, Sragen, dan Blora. Namun, ia lahir dan tinggal di Desa Sempu. Atas dukungan sang anak, Prayit pulang kampung dan mengikuti kontestasi Pilkada 2024 di Boyolali.

Pembentukan Koalisi

Diberitakan sebelumnya, Koalisi Perubahan untuk Pilkada Boyolali 2024 resmi terbentuk pada Senin (17/6/2024) sore di wilayah Pengging, Banyudono, Boyolali. Peresmian koalisi berbarengan dengan Hari Raya Iduladha dan pemilihan lokasi di Pengging memiliki makna filosofis.

Koordinator Barisan Merah Putih Pengging (BMPP) Boyolali, Gombloh Sujarwanto, dalam acara itu menyampaikan deklarasi dipilih bersamaan dengan Iduladha karena menjadi hari yang penuh pengorbanan untuk masyarakat Boyolali.

Sedangkan pemilihan Pengging sebagai lokasi pembentukan koalisi, ujar Gombloh, karena terdapat pepunden Yosodipuro yang bisa mempersatukan Keraton Solo dan Keraton Yogyakarta.

“Di sini ada pula petilasan Sitinggil, di situ ada pesantrennya Syekh Siti Jenar, maka rekan-rekan mohon berkah dan insyaallah Gusti Allah ngijabahi [mengabulkan],” ujarnya.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories