SOLOPOS.COM - Foto penumpang silkair. (JIBI/Harian Jogja/Gigih M Hanafi)

Harianjogja.com, MAGUWO-Mulai 25 November 2013, Silkair resmi membuka rute penerbangan Jogja-Singapura. Silk Air sebagai Service AirLine ini, menawarkan penerbangan murah dengan  pelayanan komplet.

Pada Senin (25/11), Jogja terpilih sebagai destinasi ke-45 jaringan Silk Air. Chief Executive Silkair Leslie Thng mengatakan Jogja merupakan pintu gerbang lokasi wisata favorit di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah, yakni Candi Borobudur dan Candi Prambanan.

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

Kota ini juga dikenal sebagai Jawa klasik lantaran  menjadi lokasi kerajaan Mataram Kuno pada abad ke 18 dan 19 sekaligus masih memegang teguh nilai-nilai budaya ditengha kehidupan modern.

Dengan diresmikan penerbangan langsung Jogja-Singapura, total jumlah penerbangan di Indonesia yang dioperasikan Silkair meningkat menjadi 70 kali per minggu. Pada penerbangan anyar ini, Silkair akan tetap bermain di pasar LCC.

“LCC mulai dikenal di Asia pada 2003 dan kami sebagai salah satu pemain percaya dapat menghadapi tingkat persaingan yang semakin ketat. Sebab kami tidak hanya menyediakan penerbangan murah tetapi juga komplet,” ujar dia saat ditemui dalam acara The Inauguration of Silkair Service to Jogja, di Bandara Adisucipto, Jogja, Senin (25/11).

Pelayanan lengkap tersebut meliputi fasilitas ketersediaan makanan, check in memilih tempat duduk, maupun kapasitas bagasi yang besar. Secara detil ia menyebutkan khusus bagi konsumen kelas bisnis, kapasitas bagasi yang umumnya 30 kg meningkat menjadi 40 kg, sedangkan konsumen ekonomi dari yang semula hanya diperkenankan membawa 20 kg kini dapat membawa 30kg.

Penerbangan langsung Jogja-Singapura ini dijadwalkan beroperasi seminggu tiga kali atau pada hari Senin, Jumat dan Minggu.

Meski tidak menyebutkan target jumlah penumpang secara detil tetapi ia optimistis dapat membantu Jogja maupun Singapura meningkatkan jumlah wisata.

Sebab maskapai tidak hanya menghubungkan dua wilayah ini, masih tersedia 44 tujuan wisata lain di 12 negara. Silkair juga dapat memfasilitasi penumpang dari Jogja ke Singapura atau sebaliknya untuk bepergian ke negara lain menggunakan maskapai induk, yakni Singapore Airlines.

“Selama masa perkenalan, pada 25 November-6 Desember 2013 untuk penerbangan Jogja-Singapura tersedia dalam harga khusus, sekitar US$20 [sekitar Rp210.000],” terang dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya