SOLOPOS.COM - Menteri Agama Suryadharma Ali saat memimpin sidang isbat atau penentuan 1 Ramadhan 1433 H di Kementerian Agama RI, Jakarta, Kamis (19/7). (JIBI/SOLOPOS/Antara)

Menteri Agama Suryadharma Ali saat memimpin sidang isbat atau penentuan 1 Ramadhan 1433 H di Kementerian Agama RI, Jakarta, Kamis (19/7). (JIBI/SOLOPOS/Antara)

JAKARTA- Kementerian Agama akan menggelar sidang Isbat penentuan Idul Fitri atau 1 Syawal pada Sabtu sore (18/8), kata Menteri Agama Suryadharma Ali di Jakarta, Senin (13/8/2012).

Promosi Dirut BRI dan CEO Microsoft Bahas Akselerasi Inklusi Keuangan di Indonesia

“Kami akan laksanakan Sabtu sore, 18 Agustus,” kata Suryadharma seusai penandatanganan Surat Keputusan Bersama (SKB) Pekan Olahraga dan Seni Pondok Pesantren Tingkat Nasional (Pospenas) di Kantor Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat.

Sebelumnya Sekjen Kementerian Agama Bahrul Hayat juga mengatakan, sidang Isbat diselenggarakan Sabtu sore didasarkan pada perhitungan hisyab bahwa pada saat itu hilal sudah di atas nol derajat.

“Kami kan memperhitungkan 1 Syawal dan Idul Fitri berdasarkan hisyab dan rukyat,” katanya.

Lebaran atau Idul Fitri, ujarnya, diperkirakan akan jatuh pada Minggu (19/8).

Sementara itu, seluruh organisasi kemasyarakatan akan diundang untuk menghadiri sidang tersebut, termasuk Muhammadiyah yang pada sidang Isbat penentuan awal Ramadan lalu tidak hadir.

Sidang akan digelar terbuka. Bahrul menolak jika sidang tersebut diselenggarakan tertutup sebagaimana disarankan salah satu ormas Islam saat sidang isbat penentuan awal Ramadan.

Sidang itu juga akan dihadiri kalangan Badan Hisyab dan Rukyat, jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya