SOLOPOS.COM - Ilustrasi Ramadan (Freepik)

Solopos.com, SOLOKementerian Agama (Kemenag) akan menggelar Sidang Isbat untuk menentukan 1 Ramadan 1444 pada Rabu (22/3/2023).

Sidang akan dilaksanakan di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, Jakarta pada pukul 18.15 WIB. Hasil Sidang Isbat penentuan 1 Ramadhan 1444 H akan disiarkan secara langsung pada pukul 19.05 WIB.

Promosi BRI Bantu Usaha Kue Kering di Sidoarjo Berkembang Kian Pesat saat Lebaran

Sidang Ssbat akan dipimpin Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas dan dihadiri sejumlah lembaga, institusi, hingga organisasi kemasyarakatan, serta pondok pesantren.

Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin mengatakan pelaksanaan Sidang Isbat akan mempertimbangkan informasi awal berdasarkan hasil perhitungan secara astronomis (hisab) dan hasil konfirmasi lapangan melalui mekanisme pemantauan (rukyatul) hilal.

rukyat dan hisab adalah metode yang digunakan pemerintah untuk menetapkan awal Ramadan berdasarkan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) No. 2/2004 tentang Penetapan Awal Ramadan Syawal dan Dzulhijah.

Berdasarkan hasil hisab diketahui ijtimak menjelang Ramadan jatuh pada Rabu atau bertepatan dengan 29 Syakban 1444 H sekitar pukul 00.23 WIB.

“Pada 29 Syakban 1444 H, ketinggian hilal di seluruh wilayah di Indonesia sudah di atas ufuk, berkisar antara 6 derajat 46,2 menit sampai dengan 8 derajat 43,2 menit, dengan sudut elongasi antara 7,93 derajat sampai dengan 9,54 derajat,” ujarnya dalam keterangan tertulis dikutip Rabu.

Hasil tersebut menandakan posisi hilal di Indonesia telah memenuhi kriteria yang ditetapkan Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, Singapura (MABIMS), yaitu mencapai ketinggian 3 derajat dengan sudut elongasi 6,4 derajat.

Oleh karenanya, penetapan awal Ramadan 1444 H kini tinggal menunggu hasil rukyatul hilal yang dilakukan di 124 lokasi di 34 provinsi.

Pemantauan tersebut, ujar Kamaruddin, akan dilakukan okeh Kanwil Kemenag dan Kemenag kabupaten/kota yang bekerja sama dengan Pengadilan Agama (PA) dan organisasi masyarakat (ormas) Islam di daerah setempat.

Masyarakat dapat menyaksikan pengumuman keputusan Sidang Isbat nanti malam yang disiarkan langsung.

Link atau pranala siaran langsung streaming Sidang Isban sebagai berikut:

TVRI: https://youtube.com/@TVRINasional

Kemenag: https://youtube.com/@KementerianAgamaPusat

Sebagai informasi, pakar Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memprediksi 1 Ramadan 1444 H atau awal Bulan Puasa 2023 jatuh pada 23 Maret atau sama dengan yang ditetapkan Muhammadiyah sejak beberapa waktu lalu.

Jika prediksi tersebut benar, berarti Rabu malam nanti umat Islam sudah melaksanakan Salat Tarawih.

Namun, BRIN menyebut ada kemungkinan 1 Syawal 1444 H atau Idutfiti yang ditetapkan pemerintah bakal berbeda dengan yang sudah ditetapkan Muhammadiyah.

Pemerintah dan NU beserta ormas Islam lain akan menyelenggarakan Idulfitri pada 22 April. Sementara, Muhammadiyah bakal melaksanakan Idulfitri pada 21 April 2023.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Jadwal Sidang Isbat dan Link Live Streaming Penentuan Awal Ramadan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya