SOLOPOS.COM - Petugas gabungan tengah melakukan pemeriksaan makanan kedaluwarsa di Pasar Raya Kota Salatiga, Selasa (12/4/2022). (Solopos.com-Humas Pemkot Salatiga)

Solopos.com, SALATIGA — Tim Gabungan Operasi Ketertiban Kota Salatiga melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pedagang makanan di Pasar Raya Salatiga, Selasa (12/4/2022). Dalam inspeksi itu, petugas menemukan sejumlah makanan kedaluwarsa yang masih dijual pedagang.

“Dari hasil pantauan hari ini, masih ditemukan makanan kedaluwarsa. Ada beberapa makanan yang disita seperti gula kacang, teajus [minuman kemasan], bakpia, dan getuk yang dijual pedagang. Makanan itu langsung kami amankan karena sudah kedaluwarsa dan masih dipajang,” ujar Kasi Penyelidikan, Penyidikan, dan Penindakan (P3) Satpol PP Kota Salatiga, Suryatnanto, Selasa (12/4/2022).

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

Inspeksi makanan kedaluwarsa itu tidak hanya dilakukan terhadap pedagang makanan di pasar tradisional. Pengawasan terhadap makanan yang sudah tidak layak edar ini juga dilakukan tim gabungan Pemkot Salatiga di sejumlah toko modern dan pusat perbelanjaan.

Baca juga: Airlangga Hartarto Jadi Rebutan Foto Emak-Emak di Pasar Salatiga

“Kami selalu mengimbau untuk selalu mengawasi masa kedaluwarsa makanan yang dijual, agar kejadian makanan yang kedaluwarsa tidak terulang lagi,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Kota Salatiga, Joko Haryono, mengatakan kegiatan pengawasan terhadap makanan kedaluwarsa ini rutin dilakukan menjelang Idulfitri atau Lebaran 2022. Hal ini penting, karena untuk mengantisipasi makanan dan minuman yang memang sudah tidak layak dikonsumsi beredar di masyarakat.

“Operasi ini harus dilakukan dengan baik dan santun. Sebelumnya dahulukan untuk meminta izin ke pemilik toko sebelum memeriksa makanan dan minuman kedaluwarsa. Semoga dengan kegiatan ini bisa mengontrol dan memberikan pengawasan terhadap makanan yang tidak layak dijual, sehingga masyarakat aman,” terang Joko.

Baca juga: Bupati Pati Pimpin Langsung Sidak Makanan Kedaluwarsa

Dalam kegiatan tersebut diikuti beberapa unsur yakni Satpol PP Kota Salatiga, Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Salatiga, Dinas Perdagangan, Bagian Hukum Setda, Bagian Prokompim, Dinas Kesehatan, Polres Salatiga, Denpom IV/3, dan Kodim 0714.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya