SOLOPOS.COM - Mobil Tucuxi milik Dahlan sebelum mengalami kecelakaan di Magetan, Jatim. (JIBI/SOLOPOS/Dok)

Mobil Tucuxi milik Dahlan sebelum mengalami kecelakaan di Magetan, Jatim. (JIBI/SOLOPOS/Dok)

JAKARTA — Diam-diam Menteri BUMN Dahlan Iskan menyiapkan mobil listrik sport versi pengganti Tucuxi karya Danet Suryatama. Dahlan menugaskan Ricky Elson anggota Putra Petir untuk mengembangkan mobil listrik sport bernama Selo.

Promosi Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis Ini

“Nama Selo, pakai gearbox,” tutur Dahlan di kantor pusat PT PLN Jakarta Selatan, Selasa (19/3/2013).

Untuk desain, Dahlan menyerahkan semuanya kepada Ricky untuk berancang mobilnya. Untuk harga, mantan bos PLN ini menuturkan, harga mobil Selo lebih murah daripada Tucuxi.

“Nggak semahal itu (Tucuxi) paling Rp 1,5 miliar,” tambahnya.

Selo sendiri, diambil dari nama dari bahasa Jawa yang memiliki arti batu. Selain Selo, Dahlan juga mendukung pengembangan mobil listrik versi Alphard, City Car dan Bus. Untuk pengembangan ini, akan dilibatkan Dasep Ahmadi dan Rafi.

Mantan bos Jawa Pos Grup ini menjelaskan, semua mobil listrik tersebut akan digunakan untuk keperluan angkutan peserta pada KTT APEC di Nusa Dua Bali kecuali Selo yang khusus untuk dipamerkan saja.

“Mobil listrik ada 3 tim lagi bekerja keras. Mobil akan dipakai KTT Apec bulan Oktober. Ada bis vip sebanyak 8-10 mobil, ada mobil vip kelas Alphard 5 unit, mobil kelas minibus carry 10 unit, 1 unit mobil sport yang dikembangin Ricky,” sebutnya.

Untuk pengembangan semua mobil listrik ini, Dahlan menyebut ada dana yang diambil dari kocek pribadinya dan juga sponsor. Selain itu, semua mobil listrik made in Indonesia ini, akan mengikuti persyaratan uji kelayakan dari Kemenhub.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya