SOLOPOS.COM - Ilustrasi mahasiswa (Istimewa/ITSK Sugeng Hartono)

Solopos.com, SOLO — Tren pendaftar mahasiswa baru di beberapa perguruan tinggi swasta (PTS) mengalami kenaikan setelah pendaftaran di perguruan tinggi negeri (PTN) tutup.

Kepala Bagian Penerimaan Mahasiswa Baru (PM) dan Humas ITS PKU Muhammadiyah Solo, Teguh Wahyudi, menyebut kampus yang berlokasi di Kadipiro, Banjarsari, Solo, itu jumlah pendaftar mengalami peningkatan. “Pendaftaran di ITS PKU Muhammadiyah mengalami peningkatan sejak di bulan Juni, apa lagi pendaftaran di PTN sudah ditutup,” kata dia ketika dihubungi Solopos.com, Sabtu (22/7/2023).

Promosi Harga Saham Masih Undervalued, BRI Lakukan Buyback

Jumlah pendaftar di ITS PKU Muhammadiyah saat ini sudah mencapai lebih dari 2.000 mahasiswa. Sedangkan target yang ditetapkan pada tahun ini menerima 800 mahasiswa baru.

Teguh menyebut program studi yang paling diminati yakni D-IV Keperawatan Anastesiologi. Bahkan prodi tersebut sudah ditutup sejak awal Juli 2023. Saat ini D-IV Keperawatan Anastesiologi sudah mencapai empat kelas. “Kurang lebihnya 160 mahasiswa baru,” kata dia.

Dia mengatakan sudah memaksimalkan promosi guna menggaet mahasiswa baru. Dia mengatakan promosi yang dilakukan ITS PKU Muhammadiyah Solo dilakukan dengan berbagai metode. “Saat ini hampir semua metode kami lakukan baik konvensional maupun digital marketing,” ujar dia.

Teguh mengatakan pendaftaran untuk prodi ITS PKU Muhammadiyah akan berakhir pada bulan September 2023. Terpisah, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerja Sama Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo, Joko Pramono, mengatakan jumlah pendaftar setelah penutupan pendaftaran PTN mengalami kenaikan.

“Akhir-akhir ini trennya cukup naik, karena ketika mereka tidak mendapatkan kursi ke perguruan tinggi negeri banyak yang ke Unisri,” kata dia ketika temu wartawan di Solo Bistro, Jumat (21/7/2023). Dia mengatakan sampai saat ini total pendaftar ke Unisri Solo sudah mencapai sekitar 3.000 calon mahasiswa baru. Sedangkan yang sudah mendaftar ulang sudah sekitar seribuan calon mahasiswa. 

Dia mengatakan mendaftar di Unisri Solo berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Dia menyebut sebarannya cukup merata termasuk dari luar Pulau Jawa. “Total lebih dari 200 kabupaten atau kota [yang mendaftar ke Unisri],” lanjut dia.

Sejauh ini terdapat beberapa prodi yang paling diminati di Unisri Solo seperti Manajemen, Hukum, sampai Ilmu Komunikasi. Dia menyebut tren peminat prodi di Unisri Solo tidak banyak berubah dari tahun lalu.

Pada penerimaan mahasiswa baru tahun 2023 ini, pihaknya menargetkan dua ribu mahasiswa baru. Lalu pendaftaran di Unisri Solo bakal berakhir pada bulan Agustus 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya