SOLOPOS.COM - Anak-anak SD Al-Azhar Syifa Budi Solo itu diajak membaca majalah anak dan Koran Solopos untuk mencari unsur 5+1H di dalam sebuah berita, Sabtu (11/2/2023). (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, SOLO — Dua belas siswa SD Al-Azhar Syifa Budi Solo mengikuti kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik bersama  wartawan Solopos.com di perpustakaan sekolah, Sabtu (11/2/2023).

Sejak pukul 09.00 WIB para siswa sudah bersiap di perpustakaan sekolah. Mereka mengikuti kegiatan itu dengan antusias. Dhima Wahyu Sejati dari Solopos meminta aiswa membaca majalah anak dan Koran Solopos untuk mencari unsur 5+1H di dalam sebuah berita.

Promosi Usaha Endog Lewo Garut Sukses Dongkrak Produksi Berkat BRI KlasterkuHidupku

Guru pengampu ekstrakurikuler Jurnalistik, Muhsin Sakhi, mengatakan salah satu tujuan kegiatan ini sebagai wadah bagi siswa yang memiliki minat dan bakat di dunia kepenulisan.

“Siswa diajarkan tentang ilmu dasar kepenulisan mulai dari menggali informasi menggunakan kata tanya 5W + 1H, tata bahasa, sampai proses menulis kreatif baik karya fiksi maupun non fiksi,” kata Muhsin kepada Solopos.com, Sabtu (11/2/2023).

Dia juga mengupayakan meningkatkan minat baca anak-anak melalui kegiatan tersebut. “Saya ingin dengan bimbingan secara intens, nantinya memperkuat literasi siswa serta bisa menjadi modal untuk mengembangkan kemampuan menulis siswa,” kata dia.

Muhsin sengaja memfasilitasi siswa dengan mendatangkan langsung wartawan agar anak-anak bisa bertanya tentang profesi tersebut. Dia juga menganggap penting agar siswanya itu belajar menulis berita secara langsung.

“Jadi memang menulis berita perlu diajarkan. Ketika anak sudah mempunyai kemampuan menulis dan membaca dengan baik, bisa melatih siswa untuk menggali informasi lebih detail tentang suatu peristiwa yang mereka lihat di sekeliling mereka,” ujar dia.

Tujuan lain yang tak kalah penting adalah melatih daya pikir siswa dalam menyampaikan gagasan atau pikiran dalam bentuk tulisan. “Secara tidak langsung aktivitas ini juga akan menambah ilmu dan wawasan siswa, karena mereka mau tidak mau harus menggali informasi secara luas dan detail,” kata dia.

Salah satu peserta ekstrakulikuler jurnalistik, Azka, mengaku suka membaca koran. Dia emngaku senang mengikuti kegiatan tersebut. Terlebih ia berkumpul bersama teman-temannya di perpustakaan sekolah.

Siswa lain, Aliya, mengatakan sudah seiring menulis cerita pendek. Ketika ditanya terkait kegemaran membaca koran, dia lebih suka mengisi teka-teki silang bersama teman-temannya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya