SOLOPOS.COM - Murid SD Santa Laurensia, Alam Sutera, Tangerang Selatan, mendapat penjelasan seputar jurnalistik saat mengunjungi Griya Solopos, Rabu (15/3/2023). (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, SOLO — Griya Solopos kembali menerima rombongan pelajar yang ingin belajar mengenai jurnalistik dan dunia media secara umum. Pada Rabu (15/3/2023), giliran rombongan dari SD Santa Laurensia, Alam Sutera, Tangerang Selatan yang hadir.

Jauh-jauh dari Tangerang, sebanyak 49 siswa SD itu datang untuk belajar mengenai beragam media pemberitaan yang ada, seperti media online, media cetak hingga media radio.

Promosi Siasat BRI Hadapi Ketidakpastian Ekonomi dan Geopolitik Global

Rombongan tersebut mulai memasuki Griya Solopos sekitar pukul 13.45 WIB. Kedatangan mereka langsung disambut tim sirkulasi Solopos Media Group (SMG). Setelah berkumpul sejenak di lantai dasar, mereka diajak menuju lantai II Griya Solopos untuk mendapatkan materi mengenai profil SMG serta wawasan mengenai bisnis media. Materi disampaikan oleh Strategic Content Manager SMG, Damar Sri Prakoso.

Setelah mendapatkan materi, para siswa diajak menuju studio Radio Solopos FM yang ada di lantai III Griya Solopos. Suasana pembelajaran di luar kelas yang berlangsung di Griya Solopos saat itu cukup menyenangkan. Terlihat para siswa yang mengikuti acara juga terlihat santai dan menikmati. Bahkan mereka juga sempat bernyanyi bersama di dalam studio siaran di Solopos FM, saat pembawa acara memutarkan lagu untuk pendengarnya.

Murid-murid SD Santa Laurensia, Alam Sutera, Tangerang Selatan, melihat studio siaran Solopos FM saat mengunjungi Griya Solopos, Rabu (15/3/2023). (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)
Murid-murid SD Santa Laurensia, Alam Sutera, Tangerang Selatan, melihat studio siaran Solopos FM saat mengunjungi Griya Solopos, Rabu (15/3/2023). (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)

Selesai dari Radio Solopos FM, rombongan Kembali turun ke lantai II. Kali ini giliran ruang redaksi Solopos yang menjadi destinasinya. Di ruang itu para siswa dikenalkan dapur dari Solopos, di mana ruang itu menjadi tempat mengolah berita sebelum ditayangkan kepada pembaca. Baik untuk media Koran Solopos yang berbentuk media cetak maupun Solopos.com yang berbentuk media online. Di ruang itu mereka juga tampak aktif bertanya kepada Redaktur Pelaksana SMG, Syifaul Arifin, mengenai apa saja kegiatan awak media yang dilakukan di ruang itu.

Penanggung Jawab Educational Adventure Trip SD Santa Laurensia, Maria Luisa Retna, menjelaskan rombongan tersebut telah datang ke Solo sejak Selasa (14/3/2023). Mereka dijadwalkan menjelajahi Solo dan sekitarnya selama empat hari, hingga Jumat (17/3/2023).

Sebelumnya mereka juga mengunjungi De Tjolomadoe yang ada di Kabupaten Karanganyar.  Kunjungan ke Griya Solopos merupakan kegiatan mereka di hari kedua di Solo. Selain Griya Solopos, rombongan juga ada kegiatan mengunjungi Pura Mangkunegaran untuk mengikuti workshop tari tradisional dan menulis aksara Jawa.

Sementara tujuannya datang ke Griya Solopos, tak lain adalah untuk belajar mengenai ragam media pemberitaan. Dia berharap dengan mengunjungi satu tempat di Griya Solopos, para siswa bisa mengenal beragam media.

“Ke Solopos ini tujuannya agar anak-anak mengenal tentang bagaimana berita itu dicari kemudian dimuat dan disajikan ke pembaca. Anak-anak ini kebanyakan baru mengenal media digital. Kami akhirnya mau pilih Solopos karena di sini bisa dikenalkan media digital, media cetak sekaligus ada percetakannya, kemudian semakin lengkap dengan adanya radio,” kata dia.

Di Solo, para siswa direncanakan juga mengunjungi pabrik minuman herbal kemasan, Museum Danar Hadi, Museum Sangiran hingga pada hari terakhir mengunjungi Rumah Atsiri di Tawangmangu, Karanganyar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya