SOLOPOS.COM - Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga melakukan kunjungan literasi ke Griya Solopos belum lama ini.(Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Rombongan mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga melakukan kunjungan literasi ke Griya Solopos  belum lama ini.

Kunjungan tersebut merupakan salah satu kegiatan KBM (Kelompok Bakat Minat) FEB UKSW, Ascarya Journalistic Club. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai sarana pembelajaran jurnalistik yang dikemas dengan cara menyenangkan.

Setibanya di Solo, para peserta disambut dengan hangat oleh Tim Solopos. Mereka diajak berkeliling di Griya Solopos sembari diberikan wawasan dan sharing pengalaman oleh Tim Solopos.

Mereka diajak melihat dari dekat aktivitas di Solo Grafika Utama, yang merupakan perusahaan percetakan bagian dari Solopos Media Group (SMG).

Selanjutnya rombongan diajak berkeliling ke lantai II tepatnya ke ruang redaksi Solopos. Selama melihat-lihat aktivitas di ruang redaksi, para peserta kunjungan mendapat penjelasan dari Tim Solopos.

Tak hanya itu, para peserta juga mendapatkan tambahkan ilmu ilmu jurnalistik dari sejumlah narasumber dari Tim Solopos.

Nara sumber memberikan informasi seputar pendistribusian Koran Solopos, mekanisme kerja awak redaksi, hingga mengenai bisnis lain yang dimiliki SMG. Tak hanya diberikan wawasan dengan satu arah, peserta juga diberi kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.

Peserta terlihat sangat antusias, terbukti dengan begitu banyaknya pertanyaan yang dilontarkan oleh para peserta. Selanjutnta, peserta diajak melihat ruang siaran atau studi Radio Solopos yang berada di Lantai III.

Di sana, peserta diberi kesempatan untuk melihat secara langsung proses siaran yang dilakukan oleh penyiar Radio Solopos. Tidak lupa penyiar juga memberikan waktu bagi peserta yang ingin bertanya mengenai sistem penyiaran. Beberapa peserta tampak menunjukkan rasa penasaran mereka dengan mengajukan pertanyaan.

“Secara keseluruhan, saya sangat senang dengan wisata literasi ini. Ada banyak hal yang saya pelajari dan tentu berguna bagi saya yang menyukai dunia kepenulisan. Namun, bagi saya yang paling menarik dari wisata literasi di Solopos ini adalah sebuah sharing pengalaman dari Tim Solopos yang menyatakan jika beliau merupakan lulusan Program Studi Pertanian,” ujar salah satu peserta, Selly Dwi Kurniawati dalam keterangan tertulisnya.

Dia juga mengaku merasa sangat terbantu dengan sharing pengalaman dari Tim Solopos. “Hal tersebut membuat saya bersemangat untuk lebih giat belajar mengenai bidang jurnalistik. Terima kasih Tim Solopos untuk ilmu dan pengalaman baru yang diberikan. Sukses selalu untuk Griya Solopos,” ujarnya.

Rekomendasi
Berita Lainnya