SOLOPOS.COM - Kebakaran Six Flags Great Adventure (app.com)

Serba lima kali ini tentang kecelakaan wahana taman hiburan di berbagai negara.

Solopos.com, SOLO – Apa jadinya jika wahana hiburan yang seharusnya kesenangan di dapat akhirnya berujung maut? Setiap pengelola taman hiburan yang legal tentunya mengurus izin kelayakan dan memenuhi standar keamanan saat berniat membuka wahana permainan baru. Meski hal-hal itu sudah dipenuhi, di beberapa taman hiburan, kecelakaan wahana permainan tetap tak terhindarkan, bahkan ada yang sampai memakan korban jiwa.

Promosi Video Uang Hilang Rp400 Juta, BRI: Uang Diambil Sendiri oleh Nasabah pada 2018

Perangkat keamanan yang berlapis serta petugas penjaga wahana yang bisa dibilang tidak sedikit seperti tidak mampu secara total mencegah terjadinya kecelakaan. Human error atau kesalahan teknis kerap menjadi jawaban sebuah kecelakaan.

Dihimpun Solopos.com, dari video Youtube berjudul Ngeri Alert! 5 Kecelakaan Wahana Permainan Taman Hiburan, Minggu (22/1/2017), inilah lima kecelakaan nahas di wahana permainan taman hiburan.

Kebakaran Wahana Rumah Hantu Six Flags Great Adventure (1984)

Kebakaran Six Flags Great Adventure (app.com)

Kebakaran Six Flags Great Adventure (app.com)

Six Flags Great Adventure adalah taman hiburan yang berlokasi di New Jersey, Amerika Serikat. Pada 1984, terjadi kecelakaan nahas di wahana rumah hantu.  Wahana yang berupa sambungan 17 trailer dan beberapa koridor serta satu ruangan besar untuk ruang pengendali itu terbakar.

Pada hari Jumat 11 Mei 1984 pukul 18.35 waktu setempat air mulai menyala di salah satu bagian wahana. Angin dari saluran udara dan hiasan-hiasan di dalam wahana permainan yang mudah terbakar membuat api cepat menyebar. Pada saat peristiwa itu terjadi ada 29 orang di dalam wahana, delapan di antaranya tewas karena keracunan asap hingga terbakar. Api bisa dipadamkan kurang lebih dua jam setelahnya.

Penyelidikan setelah peristiwa itu membuktikan jika pengelola lalai dalam memasang alat pendeteksi kebakaran. Meski demikian, pengelola tidak dianggap bersalah karena wahana rumah hantu itu bukan bangunan permanen.

Jatuh Dari Roller Coaster Six Flags Over Texas (2013)

Peristiwa maut Roller Coaster Six Flags Over Texas (Dallasnews.com)

Peristiwa maut Roller Coaster Six Flags Over Texas (Dallasnews.com)

Six Flags Over Texas merupakan tempat hiburan yang masih satu perusahaan dengan Six Flags Great Adventure. Seperti namanya, Six Flags Over Texas berlokasi di Texas, Amerika Serikat. Kecelakaan terjadi di wahana  bernama New Texas Giant sebuah wahana roller coaster yang memiliki tinggi 47 m dan sepanjang 1.300 m.

Pada 19 Juli 2013 seorang perempuan berusia 52 tahun terlempar dari roller coaster saat berada di titik tertinggi. Perempuan itu ditemukan di atap salah satu jalur roller coaster dalam kondisi tak bernyawa. Berbagai pihak yang mengaku saksi memberi keterangan beragam, sehingga penyelidikan menjadi rumit.

Ada yang mengaku melihat sabuk pengaman dari si korban sudah terkunci secara pas, ada yang menyatakan si korban sempat ragu jika sabuk pengamanannya sudah terkunci. Ada juga saksi yang menyatakan sabuk pengaman masih dalam posisi terkunci saat roller coaster berhenti setelah peristiwa. Pihak pengelola taman hiburan mengklaim perempuan itu sudah meninggal sebelum terjatuh.

Meski pihak keluarga menuntut pihak taman hiburan dan pembuat roller coaster. Mereka diberitakan damai dengan syarat yang tidak diungkap secara publik. Pihak keluarga dikabarkan menerima ungkapan bela sungkawa dari pihak tertuntut.

Kecelakaan Tragis Wahana Space Journey (2010)

Space Journey (rideaccidents.com)

Space Journey (rideaccidents.com)

Wahana permainan Space Journey terletak di Shenzhen, Tiongkok. Wahana permainan itu menawarkan pengalaman menaiki roket, pesawat luar angkasa, dan manipulasi gravitasi. Peristiwa yang menewaskan enam orang dan 10 luka-luka  terjadi pada Juli 2010.

Tidak ada penjelasan resmi baik dari kepolisian, pengelola wahana, atau pembuat wahana mengenai sebab dan kronologi kecelakaan. Pemerintah kota hanya menggelar konferensi pers berisi permintaan maaf dari pihak pengelola wahana.

Meski demikian, beberapa saksi warga sipil mengungkapkan sesaat sebelum kecelakaan ada bau terbakar kemudian diikuti dengan ledakan.

Wahana Histeria Macet Diketinggian 24 Meter (2004)

Histeria di Korea Selatan (Youtube)

Histeria di Korea Selatan (Youtube)

Wahana Histeria di taman hiburan di Korea Selatan mengalami insiden menegangkan. Wahana tersebut macet di ketinggian 24 meter. Orang-orang yang berada di wahana tersebut harus rela terjebak selama kurang lebih dua setengah jam.

Keadaan sepertinya sudah terkendali saat tim pemadam kebakaran mulai mengevakuasi korban dengan crane. Namun tiba-tiba wahana tersebut merosot kurang lebih 15 meter. Petugas dan korban yang baru akan dipindahkan ke tangga penyelamat terjatuh ke tanah.



Karena kondisi sudah tidak setinggi sebelumnya, evakuasi kemudian dilanjutkan menggunakan tali. Petugas dan satu korban yang terjatuh saat proses evakuasi mengalami beberapa luka namun tidak serius. Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini.

Wahana Arum Jeram Terbalik Dreamworld (2016)

Wahana Arum Jeram Dreamland (cnn.com)

Wahana Arum Jeram Dreamland (cnn.com)

Wahana air arum jeram di Dreamworld Australia baru saja memakan korban. Kecelakaan terjadi pada 26 Oktober 2016, empat orang pengguna tewas karena kecelakaan tersebut.

Satu perahu di wahana  permainan tersebut mampu menampung enam orang setiap kali jalan. Dilaporkan satu perahu menabrak perahu lain menjelang akhir rute wahana. Tabrakan itu menyebabkan perahu berbentuk bulat milip roda itu terbalik. Enam penumpang sontak terlempar, beberapa di antaranya ada yang terjebak di mesin wahana. Empat orang meninggal, dua bocah secara ajaib selamat.

Pengelola Dreamworld menutup taman hiburan untuk mempermudah tim investigasi menyelidiki penyebab kecelakaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya