SOLOPOS.COM - Penceramah legendaris Zainuddin MZ. (Istimewa/Youtube)

Serba lima kali ini membahas 5 tayangan yang selalu ada saat bulan Ramadan.

Solopos.com, SOLO – Bulan Ramadan bakal segera datang. Kurang dari satu pekan, umat Islam bakal menjalankan ibadah puasa. Suasana khas bulan puasa bahkan sudah mulai terbangun dari tayangan-tayangan televisi dan radio.

Promosi Video Uang Hilang Rp400 Juta, BRI: Uang Diambil Sendiri oleh Nasabah pada 2018

Di Indonesia, bulan Ramadan disambut dengan meriah. Berbagai tayangan televisi, iklan-iklan media, hingga suasana pusat perbelanjaan sontak berubah. Bahkan, tren musik pun berubah.

Lantas apa saja tayangan televisi yang wajib ada di bulan Ramadan? Dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber, Kamis (2/6/2016), inilah lima tayangan yang nyaris selalu ada di TV saat Ramadan;

Lagu-Lagu Religi

Di era 1980-1990-an, Bimbo menghiasi layar kaca dengan lagu-lagu religi yang hampir selalu ada setiap Ramadan tiba. Pertengahan era 1990-an, Hadad Alwi dan Sulis hadir beberapa tahun berturut-turut dengan album seri Cinta Rasul.

Aliando Syarief pun membuat single religi. (Istimewa/Youtube)

Aliando Syarief pun membuat single religi. (Istimewa/Youtube)

Memasuki era 2000-an, band-band lokal mulai beralih genre ketika memasuki bulan Ramadan. Tahun ini, D’Masiv bahkan mengeluarkan single remake lagu Tola’al Badru Alayna.

Tak jarang lagu-lagu ini diambil sebagai tema untuk tayangan-tayangan televisi. Hal inilah yang membuat suasana khas bulan Ramadan sangat terasa.

Ceramah

Ceramah adalah tayangan wajib di bulan Ramadan. Tayangan ini biasanya muncul pada tayangan sahur, berbuka atau setelah tarawih. Tak jarang tayangan-tayangan ceramah juga menyertakan pembacaan doa yang terlihat cukup dramatis.

Sejumlah penceramah mendadak populer berkat tayangan ceramah ini. Di era 1990-an, penonto TV lebih familiar dengan Zainudin MZ. Sedangkan di era 2000-an, pemirsa TV punya idola masing-masing. Abdullah Gymnastiar, Yusuf Manshur, Ustaz Solmed hingga Ustaz Jeffry Al-Buchory bergantian menjadi yang paling banyak disimak.

Iklan Sirup

Diantara banyak iklan yang kerap muncul di tayangan televisi saat Ramadan, iklan sirup yang paling khas. Muncul kesan seolah iklan sirup hanya muncul saat bulan puasa.

Sirup Marjan yang selalu muncul di bulan Ramadan. (Istimewa)

Sirup Marjan yang selalu muncul di bulan Ramadan. (Istimewa)

Merek-merek sirup yang kerap menghiasi TV saat puasa adalah Marjan dan ABC. Iklan ini semakin membekas lantaran ditayangkan pada siang hari, saat orang puasa dalam keadaan haus.

Tayangan Sahur dan Buka

Tayangan-tayangan sahur dan berbuka tentu wajib ada untuk tayangan televisi di bulan Ramadan. Setiap tahun trennya selalu berganti-ganti. Belakangan tayangan komedi lebih sering menemani acara sahur dan berbuka.hqdefault

Namun, tak jarang tayangan-tayangan ini justru mengundang protes dari dunia maya. Pasalnya, sejumlah acara komedi mengundang bintang tamu wanita seksi atau mempertontonkan hal-hal yang justru tidak Islami.

Peringatan Imsak dan Azan

Meski tak banyak, tayangan azan subuh dan maghrib munkin biasa dipertontonkan sejumlah televisi swasta. Namun, di bulan ramadan tayangan ini bakal muncul di hampir semua televisi.

Sedangkan peringatan imsak? Anda mungkin hanya akan melihatnya saat bulan ramadan. Peringatan imsak biasanya disisipkan di acara-acara sahur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya