SOLOPOS.COM - Serangga Tomcat (Foto Antara)

Serangga Tomcat (Foto Antara)

SUKABUMI- Serangga tomcat atau Kumbang Rove diduga mulai menyerang wilayah Kota Sukabumi dengan ditemukannya serangga itu di permukiman warga di Kelurahan Sriwedari, Kecamatan Gunung Puyuh, Sukabumi, Jawa Barat.

Promosi BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun, ke Depan Lebih Fokus Hadapi Tantangan Domestik

“Binatang itu saya temukan tengah merayap di lemari baju, dan setelah dilihat benar-benar mirip serangga tomcat yang memiliki kulit berwarna oranye dan hitam, serta di ujung tubuhnya terdapat penyengat,” kata Lilis Krisnawati kepada wartawan, Rabu (21/3/2012).

Khawatir merayap ke mana-mana dan berkembang biak, kemudian serangga tomcat tersebut dimasukan Lilis ke sebuah toples untuk mengantisipasi adanya anggota keluarga maupun orang lain yang di sengat serangga yang tengah menjadi perhatian masyarakat ini.

“Saya dan warga melapor ke petugas kelurahan. Kemudian serangga itu dibawa petugas ke kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Sukabumi,” tambahnya.

Kepala DPKP Kota Sukabumi, Kardina Karsoedi mengatakan petugas akan meneliti lebih lanjut serangga yang ditemukan warga tersebut untuk memastikan pemeriksaannya pun menggunakan miskroskop.

“Dari hasil penelitian sementara fisik serangga ini memang sangat mirip dengan tomcat berkulit oranye dan hitam, namun untuk lebih meyakinkan kami akan membawa ke laboratorium, karena kami memiliki keterbatasan alat,” kata Kardina.

Ditambahkannya penyebaran serangga tomcat di sekitar pemukiman warga di Kampung Aminta Azmali, Kelurahan Sriwedari sangat memungkinkan, karena habitat tomcat hampir sama dengan kondisi kampung tersebut yang lembab dan banyak ditumbuhi tanaman liar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya