SOLOPOS.COM - Foto Gunung Merapi JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto

Foto Gunung Merapi
JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto

MAGELANG-Ancaman banjir lahar hujan gunung Merapi masih cukup tinggi karena deposit material lereng Merapi diperkirakan masih 70 juta meter kubik.

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

Sementara kemampuan daya tampung 244 sabo dam pengendali aliran lahar hujan di 15 sungai berhulu di Merapi hanya 20 juta meter kubik. Artinya diperkirakan sebanyak 50 juta meter kubik tidak tertampung sabo dam.

Kendati demikian masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) maupun Magelang dan Klaten Jawa Tengah sebagai area terdampak tidak perlu khawatir. Pasalnya banjir besar lahar hujan terakhir pada 25 Desember 2012 hanya berupa air dan sedikit pasir.

Pejabat Pembuat Komitmen Pengendalian Lahar Gunung Merapi Direktorat Sumber Daya Air Kementerian PU Dwi Purwantoro mengatakan saat ini butuh durasi hujan tinggi untuk membawa material jadi banjir.

“Butuh intensitas hujan di atas 100 milimeter per jamnya dengan durasi lama,” katanya saat pengecekan sabo dam Kali Putih Srumbung Magelang, Kamis (20/6/2013).

Adapun kerusakan sabo dam akibat erupsi Merapi sebanyak 77 bangunan rusak. Sebanyak 56 diantaranya sudah diperbaiki masing masing pada 2012 42 bangunan dan tahun 2013 sebanyak 14 bangunan menggunakan dana APBN Rp830 miliar.

Sisanya 21 bangunan akan diperbaiki tahun 2014 menggunakan dana APBN sekitar Rp230 miliar. Perbaikan sabo dilakukan bertahap karena berdasarkan prioritas kerusakan dan fungsi baik itu sebagai sabo jangkar, irigasi, ataupun pengaman jembatan.

Menurut Dwi, pembangunan perbaikan sabo dam terus digenjot pada 2014 selesai keseluruhan. Harapannya bisa untuk menampung material erupsi Merapi yang diperkirakan secara periodik 4 tahun sekali. “Kemarin kan erupsi 2010, kalau 2014 erupsi lagi sabo dam sudah siap,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya