SOLOPOS.COM - Pembimbing KIR SMA Muhammadiyah 1 Solo, Sri Darwati (tengah) berfoto bersama dua siswa SMA Muhammadiyah 1, yang berhasil menciptakan minuman kesehatan Sepanje. (JIBI/SOLOPOS/Eni Widiastuti)

Pembimbing KIR SMA Muhammadiyah 1 Solo, Sri Darwati (tengah) berfoto bersama dua siswa SMA Muhammadiyah 1, yang berhasil menciptakan minuman kesehatan Sepanje. (JIBI/SOLOPOS/Eni Widiastuti)

Terinspirasi dari wedang wuh khas Jogja, siswa dan pembimbing Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) SMA Muhammadiyah 1 Solo, menciptakan minuman kesehatan Sepanje.

Promosi Mudah dan Praktis, Nasabah Bisa Bayar Zakat dan Sedekah Lewat BRImo

Mereka adalah Sri Darwati selaku pembimbing KIR, Oktaviana Rahmawati dan Wanda Religia yang kini tercatat sebagai Siswa Kelas XII SMA Muhammadiyah 1 Solo.

Oktaviana menceritakan minuman Sepanje terbuat dari ramuan simplesia kayu secang, daun pandan dan daun jeruk, dengan komposisi tertentu. Cara membuatnya, setelah semua bahan dicuci, dioven sekitar 24 jam, lalu dihaluskan. Komposisi campurannya yaitu satu simplesia kayu secang, satu daun jeruk dan dua bagian daun pandan.

“Setelah itu dikemas seperti teh celup. Jika akan dinikmati, tinggal menambahkan air dingin atau panas,” ungkapnya saat ditemui wartawan di Ruang Kepala SMA Muhammadiyah 1 Solo, belum lama ini.

Setelah diteliti, ungkapnya, zat kimia yang terkandung di dalamnya yaitu alkaloid, saponin, flavonoid, minyak atsir. Ramuan tersebut mengandung bahan-bahan tertentu yang bermanfaat untuk mengobati sariawan, masuk angin, perut kembung, mah dan bisa sebagai penambah nafsu makan.

Darwati menambahkan, karya inovasi itu pernah  menjadi finalis 10 besar lomba Kreativitas dan Inovasi Masyarakat tingkat Jawa Tengah, finalis lomba  di Universitas Sebelas Maret (UNS), dan termasuk 330 karya yang berhak mengikuti lomba Kemenristek. “Tapi kita belum berhasil menjadi juara,” ujar perempuan yang kini menjabat sebagai Kepala SMA Muhammadiyah 2 Solo itu.

Oleh karena itu, terangnya, ia dan siswa akan mencoba memperbaiki karya itu untuk diikutkan pada lomba-lomba berikutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya