SOLOPOS.COM - Ilustrasi rudal MI6 Iran yang bisa membawa hulu ledak nuklir. (telegraph.co.uk)

Senjata nuklir Iran bakal dirundingkan keberadaannya dengan Amerika Serikat. Akankah dilucuti?

Solopos.com, TAHERAN — Pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, Minggu (19/4/2015), mengatakan Amerika Serikat (AS) menciptakan mitos senjata nuklir untuk menggambarkan Iran sebagai ancaman. Pernyataan itu dikemukakan Khamenei menjelang dilanjutkannya perundingan program nuklir Iran, pekan ini.

Promosi Program Pemberdayaan BRI Bikin Peternakan Ayam di Surabaya Ini Berkembang

Ali Khamenei sebelumnya menyatakan mendukung perundingan tersebut. Meski demikian, ia lalu mengekspresikan ketidakpercayaannya akan AS. Sebagai otoritas tertinggi di Iran, penarikan dukungan itu dapat menyebabkan negosiasi gagal.

“Mereka menciptakan mitos senjata nuklir sehingga mereka bisa mengatakan Republik Islam Iran adalah sumber ancaman. Tidak, sumber ancaman adalah Amerika sendiri,” kata Khamenei seperti dikutip Kantor Berita Fars dan dilansir Reuters.

“Di sisi lain mereka mengancam kita lewat militer… , meski mereka tidak membuat ancaman secara terbuka, kita harus siap,” katanya dalam pidato yang ditujukan kepada para komandan militer.

Iran dan enam negara termasuk AS mencapai kesepakatan kerangka kerja terkait program nuklir Iran yang disengketakan, pada bulan ini. Negosiasi  akan dilanjutkan di Wina pekan ini. Kesepakatan diharapkan dapat tercapai pada akhir Juni.

Meski terjadi kemajuan yang signifikan, kedua belah pihak masih belum sependapat dalam beberapa masalah, termasuk seberapa cepat sanksi internasional dicabut setelah kesepakatan akhir tercapai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya