SOLOPOS.COM - Bek PSIS Semarang, Wallace Costa, melakukan selebrasi seusai menjebol gawang Persiraja Banda Aceh dalam laga lanjutan Liga 1 2021-2022 di Stadion Komyang Sujana, Bali, Rabu (12/1/2022) malam. (Solopos.com-MO PSIS Semarang)

Solopos.com, JAKARTA — Seorang mantan pemain asing PSIS Semarang asal Brasil, WCA, 37, dideportasi ke negara asalnya karena overstay atau melebihi izin tinggal, Kamis (6/4/2023) dini hari. Ia dideportasi oleh Kantor Imigrasi Kelas II Kediri karena overstay selama 90 hari. 

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Kediri Denny Irawan mengatakan WCA dipulangkan ke negaranya bersama istri dan ketiga anaknya melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta pada Kamis (06/04/2023) dini hari.

Promosi BRI Dipercaya Sediakan Banknotes untuk Living Cost Jemaah Haji 2024

“WNA tersebut merupakan eks pemain sepakbola di Liga 1 yang sudah tidak mempunyai klub karena kontraknya telah habis dengan PSIS Semarang. Lalu dia keluar Indonesia dan masuk lagi dengan Visa On Arrival (VOA) untuk mencari klub baru. Lantaran tidak mendapatkan kontrak baru sehingga overstay dan melaporkan diri ke Kantor Imigrasi Kediri,” jelas Denny pada Kamis (06/04/2023), mengutip laman resmi Imigrasi.

WCA dipulangkan dengan maskapai Qatar Airlines QR 955 rute Jakarta-Doha Qatar dan diteruskan ke Brasil. Keberangkatannya dari Kediri hingga Jakarta dikawal petugas Intelijen dan Penindakan Keimigrasian (Inteldakim) Kantor Imigrasi Kediri sesuai SOP yang berlaku.

“Karena yang bersangkutan tidak mempunyai biaya akhirnya WCA dan keluarganya dideportasi dengan dibiayai oleh pihak Embassy Brasil,” ujar Denny.

Selanjutnya, karena terbukti melanggar aturan keimigrasian, WCA dan keluarganya dikenakan sanksi Tindakan Administratif Keimigrasian berupa pendeportasian dan dimasukkan ke dalam daftar penangkalan sehingga tidak diizinkan masuk Wilayah Indonesia untuk kurun waktu tertentu.

Pihak imigrasi memang tidak menyebut secara detail siapa pemain tersebut, tetapi menyimpulkan dari keterangan Denny, pemain yang dimaksud adalah Wallace Costa Alves. 

Wallace sempat membela PSIS Semarang selama tiga musim, hingga kemudian klub itu melepasnya pada April 2022. Meski sempat bermain sebagai kapten, ia diketahui terpuruk dan sempat menjajal sepakbola antar kampung (tarkam). 

Hal itu diketahui dari akun fanbase PSIS di TikTok dengan nama pengguna @semarangspezial. Pada video tersebut, tampak cuplikan video Costa sedang memprotes keputusan wasit di lapangan perkampungan.

“Nasib pemain belakang tersubur di Semarang musim kemarin kini bermain tarkam,” tulis keterangan di unggahan akun TikTok itu, Selasa (6/9/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya