SOLOPOS.COM - Beras ilustrasi

Beras ilustrasi

JOGJA—Harga beras di pasaran masih stabil meski terjadi panen raya di sejumlah wilayah di DIY. Harga beras diprediksi naik dalam dua bulan ke depan seiring selesainya masa panen raya padi.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Pantauan harga di sejumlah pusat sembako di Jogja menunjukan rata-rata harga beras kelas premium Rp7.000 ke atas per kilogram.

Bani, salah satu pedagang beras di Kasihan, Bantul Kamis (3/5) mengatakan, harga beras jenis premium rata-rata dijual Rp7.000-Rp7.200 per kilogram. Ada pula kualitas super hingga Rp8.000 per kilogram.

Menurutnya, meski panen raya harga tak mengalami penurunan tajam di pasaran. Harga kemungkinan bakal naik setelah panen selesai atau beberapa bulan mendatang setelah stok beras yang ada saat ini habis.

Pedagang lainnya Nur juga menjual beras kelas primer rata-rata Rp7.200-Rp7.600 untuk kualitas super seperti beras Mentik Wangi dijual hingga Rp9.000 per kilogram.

Dibanding dua bulan lalu sebelum panen raya, harga beras kualitas primer menurutnya justru naik rata-rata dijual Rp8.000 ke atas per kilogram.

Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Sidomulyo, Godean, Sleman, Jumeni juga memprediksikan, kenaikan harga beras dalam waktu satu hingga dua bulan mendatang. Sebab saat itu tak ada lagi panen raya. (ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya