SOLOPOS.COM - Busyro Muqoddas (muhammadiyah.or.id)

Solopos.com, JAKARTA — Panitia seleksi mengusulkan nama M. Busyro Muqoddas dan Roby Arya Brata sebagai calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dua nama tersebut diserahkan pansel kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada Kamis pagi (16/8/2014) di Kantor Presiden. Presiden mengatakan akan mengikuti sepenuhnya saran pansel dan berjanji menyerahkan nama Busyro dan Roby pada hari yang sama kepada DPR.

Promosi Usaha Endog Lewo Garut Sukses Dongkrak Produksi Berkat BRI KlasterkuHidupku

DPR kemudian akan memilih satu dari dua orang tersebut untuk mengisi satu kursi kosong dalam komisioner KPK. “Masih ada waktu sekian jam untuk proses ke DPR. Pak Sudi harap sampaikan ini prioritas,” kata SBY.

Busyro Muqoddas adalah petahana komisioner KPK. Dia kembali mengajukan diri sebagai pimpinan setelah masa jabatannya berakhir pada 25 Desember 2014.

Adapun Roby Arya Brata adalah ahli kebijakan publik dan penggiat anti korupsi yang saat ini bekerja sebagai staf Sekretaris Kabinet (Seskab) Dipo Alam. Menteri Hukum dan HAM, Amir Syamsudin, menjelaskan Busyro Muqoddas dan Roby berhasil melalui 4 tahap seleksi pimpinan KPK yang diikuti oleh 104 orang.

Mekanisme seleksi yang disusun pansel, jelasnya, bertujuan mengukur kepemimpinan, integritas, kompentensi dan independen para calon. Proses seleksi termasuk penelusuran harta, karier, ketaatan para calon membayar pajak, dan kepribadian mereka.

“Kualitas pribadi semacam ini lah yang diperlukan untuk menjalankan tugas KPK dalam rangka menuju Indonesia bersih yang bebas korupsi,” kata Amir Syamsuddin.

Pansel KPK 2014 diketuai oleh Amir dengan anggota Imam Prasodjo, Rhenald Kasali, Erry RIyana Hardjapamekas, Faraouk Muhammad, Harkristutu Harkrisnowo, Widyo Pramono, dan Komarudin Hidayat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya