SOLOPOS.COM - Budi Waseso. (JIBI/Solopos/Antara)

Seleksi pimpinan KPK dilaksanakan oleh 9 srikandi pansel bentukan Presiden Jokowi.

Solopos.com, JAKARTA – Polri menyambut baik tawaran panitia seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang ingin melibatkan Polri dalam menjaring calon pimpinan lembaga antirasuah tersebut.

Promosi Cerita Penjual Ayam Kampung di Pati Terbantu Kredit Cepat dari Agen BRILink

“Kita dilibatkan untuk mencari rekam jejak calon pimpinan KPK di kepolisian. Apakah pernah terlibat pidana atau tidak. Itu saja sebenarnya,” kata Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri Komisaris Jenderal Pol. Budi Waseso di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (4/6/2015).

Kabareskrim mengungkapkan tawaran ini merupakan yang pertama.

Pada seleksi yang lalu, kata Budi Waseso, Polri tidak dilibatkan dalam seleksi capim KPK. Kendati begitu, Polri tidak memaksa untuk dilibatkan dalam pemilihan capim KPK.

“Tapi bukan kita minta harus lewat Polri, kalau diminta sudah kewajiban kita memenuhinya,” kata dia.

Mantan Kapolda Gorontalo itu menambahkan pihaknya meminta keterlibatan Polri jangan dikatikan dengan persoalan kekisruhan dengan KPK pada masa lalu.

“Jangan berpikir demikian yang sudah biarkan jangan dibolak-balik,” kata dia.

Menurut dia persoalan masa lalu biarlah dijadikan pengalaman dan pembelajaran untuk semua pihak. Bila ada yang kurang diperbaiki, sementara jika ada peraturan yang baik maka harus diikuti.

“Kita ikuti aturan yang benar harus kita ikuti,” kata dia.

Seperti diberitakan pansel capim KPK akan melibatkan Polri, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dan Badan Intelijen Negara (BIN) dalam menelusuri jejak rekam calon pimpinan KPK. Hal tersebut dilakukan agar di kemudian hari tidak menjadi masalah ketika menjabat pimpinan KPK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya