SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Antara)

Seleksi Pimpinan KPK kini dalam tahap pendaftaran yang dilaksanakan secara terbuka.

Solopos.com, JAKARTA — Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan Pimpinan KPK periode mendatang harus mampu menyelesaikan berbagai persoalan yang selama ini belum ditangani dengan baik.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Anggota Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK, Betti Alisjahbana, mengatakan pengelolaan sumber daya manusia, dan pemanfaatan teknologi informasi dalam upaya pemberantasan korupsi menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan Pimpinan KPK baru.

“Bukan hanya kemampuan dari masing-masing anggota pimpinan KPK yang baik, komposisinya pun harus baik dan lengkap, agar mampu mengembangkan KPK sebagai sebuah lembaga,” katanya di Kompleks Sekretariat Negara, Jakarta, Rabu (10/6/2015).

Betti menuturkan komisioner KPK saat ini pun menyarankan agar pimpinan KPK periode mendatang memiliki kebijaksanaan dalam melaksanakan tugasnya.

Hal itu diperlukan untuk meningkatkan soliditas, dan kerja sama lembaga tersebut dengan penegak hukum lainnya.

Menurut Betti, kebijaksanaan tersebut juga diperlukan untuk mengurangi gesekan yang muncul saat melaksanakan tugasnya melakukan penindakan dan tuntutan terhadap para tersangka korupsi.

“Upaya penindakan korupsi pasti akan memunculkan gesekan, karena berkaitan dengan pemidanaan orang lain. Dengan kebijaksanaan tersebut diharapkan mampu menguranginya,” ujar dia.

Betti menyebutkan Pansel Calon Pimpinan KPK juga akan mempertimbangkan usulan 17 kompetensi yang harus dimiliki pimpinan KPK hasil kajian yang dilakukan lembaga tersebut. Pasalnya, kajian tersebut melibatkan mantan komisioner, komisioner aktif, staf, dan studi literatur yang komprehensif.

“17 kompetensi tersebut tidak harus ada di dalam satu orang, tetapi harus dimiliki di tim komisioner yang akan diangkat, karena kepemimpinan KPK dilaksanakan secara kolektif kolegial,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya