Anda bisa mencari berdasar kategori
atau judul berita
Masukan kata kunci

Selamat dari Tsunami 2004, Suku Sentinel Paling Terasing di Dunia

Selamat dari Tsunami 2004, Suku Sentinel Paling Terasing di Dunia
user
Jumat, 15 Juli 2022 - 08:14 WIB
share
SOLOPOS.COM - Dalam foto tak bertanggal yang dirilis oleh Survei Antropologi India ini, pria suku Sentinel mendayung kano mereka di kepulauan Andaman dan Nicobar di India. Pejabat pemerintah dan antropolog percaya bahwa pengetahuan kuno tentang pergerakan angin, laut, dan burung mungkin telah menyelamatkan lima suku asli di kepulauan Andaman dan Nicobar di India dari tsunami yang melanda garis pantai Asia pada 26 Desember 2004. (AP Photo /Survei Antropologi India, HO)

Solopos.com, ANDAMAN — Pengetahuan kuno tentang pergerakan angin, laut, dan burung mungkin telah menyelamatkan suku paling terasing di dunia, Sentinel di Kepulauan Andaman dan Nicobar di India dari tsunami yang melanda garis pantai Asia 26 Desember 2004. Di kepulauan yang berlokasi di Samudra Hindia itu setidaknya dihuni lima suku terpencil.

Suku Sentinel di Pulau Sentinel Utara disebut menolak berhubungan dengan dunia luar. Di pulau yang dikelilingi karang curam itu, mereka bakal menyerang dan membunuh siapapun yang mendekati tempat tinggalnya. Namun, seorang antropolog perempuan bernama Madhumala Chattopadhyay dikatakan menjadi satu-satunya yang pernah berkontak dekat.

Solopos Stories
Rekomendasi
Berita Lainnya

Koran Solopos


Berita Populer

Dapatkan akses tak terbatas
Part of Solopos.com
ISSN BRIN