SOLOPOS.COM - ilustrasi kegiatan belajar mengajar selama Ramadan. (Dok)

Solopos.com, SOLO—Sekolah negeri di Solo selama Ramadan jam kegiatan belajar mengajar (KBM) dipangkas atau disederhanakan menjadi lebih pendek dari sebelumnya. 

Kepala SMPN 7 Solo, Siti Latifah, mengatakan ada penyederhanaan jam pelajaran selama Ramadan. Dia menyebut siswa juga akan dijadwalkan melakukan salat Zuhur berjamaah.

Promosi Cerita Penjual Ayam Kampung di Pati Terbantu Kredit Cepat dari Agen BRILink

“SMPN 7 Solo Kegiatan belajar mengajar selama Ramadan dimulai pukul 07.30 WIB berakhir pukul 12.00 WIB lalu dilanjutkan ibadah, kita jadwalkan untuk kegiatan ibadahnya,” kata dia kepada Solopos.com, Kamis (23/3/2023).

Dia mengatakan pembelajaran disederhanakan menjadi 35 menit dalam satu mata pelajaran. Sedangkan di luar Ramadan, satu jam mata pelajaran berdurasi 40 menit. 

“Hal ini menyesuaikan edaran Sekda dan edaran dari Dinas Pendidikan Solo. Biasanya 1 jam pelajaran 40 menit, ini disederhanakan menjadi 35 menit,” lanjut dia.

Dia mengatakan tetap akan melakukan sosialisasi kepada wali murid terkait perubahan skema jam pelajaran di sekolahnya tersebut. “Besok Jumat [24/3/2023] Kami menghadirkan orang tua untuk menerima sosialisasi tentang Proyek P5 sekaligus tentang kegiatan KBM selama Ramadan

Ifah, sapaan akrabnya., menyatakan beberapa mata pelajaran yang dikurangi selama Ramadan juga selaras dengan hasil diskusi MGMP atau Musyawarah Guru Mata Pelajaran tingkat sekolah, yaitu forum atau wadah yang memfasilitasi berkumpulnya guru mata pelajaran yang sama untuk mengembangkan profesionalitas kerja.

Pada Ramadan ini, Ifah mengatakan kebetulan untuk kelas 7 dan 8 KBM diisi dengan kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) selama kurang-lebih tiga pekan. Dia menambahkan sistem pembelajaran P5 dilakukan secara blok. Dengan kata lain, selam tiga minggu siswa kelas 7 dan 8 fokus kegiatan P5.

“Untuk kelas 9 tetap KBM sesuai jadwal hanya jamnya disederhanakan. Biasanya siswa setiap Senin-Kamis, siswa pulang pukul 14.50 WIB sekarang pada Ramadan pulang pukul 12.00 WIB,” tutur dia.

Sementara itu Kepala SMPN 21 Solo, Mulyono, mengatakan saat ini belum bisa memastikan dan menunggu surat edaran dari dinas terkait. “Masih menunggu edaran dari Dinas Pendidikan Solo,” ujar dia.

Kepala Bidang (Kabid) SMP Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo, Abi Satoto, membenarkan adanya pemangkasan atau penyederhanaan jam pelajaran. Dia mengatakan pihaknya sudah keluarkan surat edaran terkait waktu KBM.

Abi menerangkan Pendidikan Anak Usia Dini atau PAUD selama Ramadan, KBM menjadi 120 menit/hari. Sedangkan untuk SD menjadi 30 menit/jam pelajaran dan SMP menjadi 35 menit/jam pelajaran.

“Normalnya kalau SD 35 menit per jam pelajaran, kalau SMP 40 menit per jam pelajaran,” kata dia ketika dihubungi Solopos.com, Kamis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya