SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (kiri) berjabat tangan dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kanan) disaksikan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subianto (tengah) usai menyematkan pangkat Jenderal TNI Kehormatan dalam Rapat Pimpinan (Rapim) TNI dan Polri Tahun 2024 di Mabes TNI, Jakarta, Rabu (28/2/2024). Presiden Joko Widodo memberikan kenaikan pangkat secara istimewa kepada Menhan Prabowo Subianto sesuai Keppres Nomor 13/TNI/Tahun 2024 tanggal 21 Februari 2024 tentang Penganugerahan Pangkat Secara Istimewa berupa Jenderal TNI Kehormatan. ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/nym.

Solopos.com, SOLO — Prabowo Subianto baru saja mendapat anugerah gelar Jenderal Kehormatan TNI dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi menyebut pemberian gelar tersebut diklaim telah sesuai dengan ketentuan yang berlaku yakni Undang-Undang No.20/2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Kehormatan.

Sejatinya pemberian gelar jenderal kehormatan biasa terjadi, apalagi untuk tokoh prajurit yang dinilai telah berjasa bagi nusa dan bangsa. Hanya saja, pemberian gelar kepada Prabowo memicu polemik karena kontroversi masa lalunya belum tuntas.

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

Prabowo selalu dikaitkan dengan kasus penculikan 1998 yang terjadi ketika dia menjabat sebagai pimpinan di satuan elite Angkatan Darat. Dugaan keterlibatan Prabowo kemudian membuat Menteri Petahana dan Panglima ABRI (Menhankampangab) Jenderal TNI Wiranto memberhentikan Prabowo dari dinas kemiliteran.

Selain Prabowo, ada beberapa tokoh lain yang mendapatkan gelar Jenderal Kehormatan TNI (HOR) antara lain, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Berdasarkan laman resmi Akademi Militer (Akmil), berikut tokoh yang pernah mendapatkan gelar Jenderal Kehormatan:

1. Jenderal TNI (Purn) Hari Sabarno

Kenaikan pangkat sebagai Jenderal Kehormatan juga diberikan Presiden Megawati kepada Hari Sabarno. Dia sempat dipercaya sebagai Menteri Koordinator Politik dan Keamanan ad interim menggantikan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

2. Jenderal TNI (Purn) Sarwo Edhie Wibowo

Sarwo Edhie merupakan seorang tokoh militer Indonesia. Dia adalah ayah dari Kristiani Herrawati, istri dari Presiden ke-6 SBY. Dia memiliki peran yang sangat besar dalam penumpasan Pemberontakan Gerakan 30 September, yang saat itu sebagai panglima RPKAD (Kopassus).

3. Jenderal TNI (Purn) Soesilo Soedarman

Presiden Soeharto juga memberikan penghargaan Jenderal Kehormatan kepada Soesilo Soedarman. Dia pernah menduduki jabatan sejumlah menteri.

4. Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar

Agum Gumelar menjadi Purnawirawan TNI sekaligus politikus yang mendapat gelar ini. Gelar itu dia terima dari Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

5. Jenderal TNI (Purn) Abdullah Mahmud Hendropriyono

Peningkatan pangkat Jenderal Kehormatan juga diterima oleh Hendropriyono saat dia diminta menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen Negara periode 2001-2004. Selain itu, dia juga dijuluki The Master of Intelligence karena menjadi profesor di bidang Ilmu Filsafat Intelijen pertama di dunia.

6. Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan

Presiden Gusdur juga menganugerahkan gelar Jenderal Kehormatan kepada Luhut Binsar Pandjaitan pada 2000. Lalu, pada era Presiden ke-3 dia diangkat menjadi Duta Besar Indonesia untuk Singapura.

7. Jenderal TNI (Purn) Susilo Bambang Yudhoyono

Gelar Jenderal Kehormatan diberikan oleh Presiden kelima RI, Megawati Soekarnoputri, kepada Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Gelar itu diterima SBY ketika dia menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan semasa pemerintahan Megawati.

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Selain Prabowo, Ini Daftar Tokoh Militer Penerima Jenderal Kehormatan”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya