SOLOPOS.COM - Ilustrasi (putraputrimandiri.com)

Sekolah Kulonprogo khusus untuk orang tua baru saja diluncurkan.

Harianjogja.com, KULONPROGO-Untuk pertama kalinya di DIY, sekolah orang tua yang diluncurkan di Kulonprogo. Kegiatan tersebut diprakarsai Yayasan Aman Insan Mulia yang menaungi TKIT sampai dengan SMPIT Ibnu Masud.

Promosi BRI Group Berangkatkan 12.173 Orang Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

Ketua Pembina Yayasan Amal Insan Mulia Wakidi mengungkapkan sekolah orang tua penting untuk mengnyinergikan pendidikan di sekolah, lingkungan bermain, dan rumah.

“Diharapkan orang tua dapat mengerti dan memahami kebutuhan anak dalam belajar dan membantu pengembangan belajar anak di sekolah dari rumah,” paparnya seusai peluncuran sekolah orangtua di aula Dinas Pendidikan Kulonprogo, Jumat (20/2/2015) sore.

Diuraikannya, peran orangtua dalam menyukseskan anak didik tidak kalah penting, sebab dari segi kuantitas waktu anak hanya beberapa jam saja berada di sekolah, selebihnya di bawah pengawasan orangtua.

Wakidi menyebutkan saat ini terdapat 600 orang yang mengikuti sekolah orang tua dan dibagi dalam empat kelas. Sementara, kegiatan sekolah orang tua dilakukan sebulan sekali dalam kurun waktu lima bulan.

Penulis sekaligus konselor keluarga, Cahyadi Takariawan, memaparkan, terdapat enam kunci yang harus diterapkan orangtua untuk menyiapkan kesuksesan masa depan anak, yakni kekompakan bersama pasangan, menerima anak dengan segala potensinya, mendidik dengan penuh cinta kasih dan menjadi pendengar yang baik untuk anak, melibatkan diri dalam kegiatan anak dengan memberi kepercayaan, penghargaan, dan hukuman, serta menjadi teladan bagi anak.

“Orangtua harus menempatkan diri sebagai sahabat atau mitra bagi anak supaya lebih akrab dan memahami harapan dan keinginan anak,” terangnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kulonprogo Sumarsana mengatakan materi yang disampaikan dalam sekolah orangtua dapat mendorong orangtua untuk mendidik anak lebih baik.

“Jika hal ini diterapkan dengan baik maka kasus-kasus yang melibatkan anak-anak, seperti vandalisme dapat berkurang bahkan hilang,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya