SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Solopos.com) – Menjelang hari pertama masuk sekolah di awal tahun ajaran baru, sekolah-sekolah di Solo diminta menaati kalender akademik yang sudah ditetapkan. Meski sekolah sibuk mengurusi siswa baru, siswa lama jangan sampai terabaikan.

Kepala Bidang Menengah Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo, Radik Karyanto, mengungkapkan sesuai kalender akademik, pembelajaran sudah dimulai sejak hari pertama masuk sekolah, Senin. “Jadi sekolah harus menaati kalender akademik,” ujarnya saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Sabtu (9/7/2011). Sebelumnya Kepala Disdikpora Solo, Rakhmat Sutomo, mengimbau sekolah tidak menelantarkan siswa lama, meski di sekolah sedang ada kegiatan masa orientasi peserta didik baru (MOPDB). “Jangan sampai karena sibuk ngurusi MOPDB, siswa lama terlantar,” ujarnya.

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

Sementara itu Sekretaris Seksi Pendidikan, Yayasan Majelis Tafsir Alquran (MTA) Solo yang juga guru SMA MTA Solo, Suprapto, menerangkan kegiatan MOS akan dilaksanakan Senin-Sabtu (11-16/7/2011). Selasa masa itu, siswa kelas XI dan XI sudah mulai pembelajaran. Terlebih waktu efektif pembelajaran tahun ini sangat sedikit. Akhir Juli nanti rencananya SMA MTA Solo sudah mulai libur karena sudah memasuki Ramadan. “Guru yang mengurusi MOS juga guru yang kebetulan tidak mengajar pada jam itu. Jadi tidak akan mengganggu proses pembelajaran,” jelasnya.

Kegiatan MOS SMA MTA Solo, terangnya, akan diisi berbagai kegiatan. Sesuai arahan dari Disdikpora Solo, materi semangat kebangsaan akan menjadi tema besar MOS. Selain itu, siswa juga akan diberikan materi soal pengenalan ekolah, yayasan dan kepemimpinan. Agar siswa tidak jenuh, kegiatan MOS tidak hanya digelar di sekolah, tapi juga di luar sekolah. “Karena 70% siswa SMA MTA tinggal di asrama, mereka juga harus mengikuti MOS asrama,” ujarnya. Tahun ini, imbuhnya, SMA MTA Solo menerima 288 siswa baru. Merek terbagi dalam delapan kelas.

Sedikit berbeda , selama masa orientasi siswa baru, siswa SD Muhammadiyah 8 Jagalan Solo, dipulangkan lebih awal. Yaitu sekitar pukul 10.00 WIB. Kepala SD Muhammadiyah 8 Jagalan, Khoeron, mengungkapkan pada masa orientasi, siswa baru akan mendapatkan materi pengenalan lingkungan dan sekolah. Sementara siswa lainnya akan mengikuti pembelajaran, namun tidak penuh. “Rencananya selama tiga hari awal masuk, pembelajaran hanya akan dilakukan sampai pukul 10.00 WIB. Setelah itu semua guru akan rapat untuk penataan sekolah,” terangnya.

ewt

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya