SOLOPOS.COM - Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhamad Mardiono (tengah) menerima daftar kader dari Jenderal TNI (Purn) Wiranto (kanan) disaksikan Sekjen PPP Arwani Thomafi (kiri) dalam acara silaturahmi dan halalbihalal di Kantor DPP PPP, Jakarta, Senin (1/5/2023). Dalam acara tersebut Wiranto menyerahkan daftar kader-kader binaannya yang potensial kepada PPP. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/pras)

Solopos.com, JAKARTA – Juru Bicara DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Usman M. Tokan, mengatakan lebih dari 100 nama eks kader Partai Hanura yang diserahkan oleh mantan Ketua Umum Partai Hanura, Wiranto, sebagai bakal calon legislatif (caleg) menjadi tambahan amunisi bagi partainya menghadapi Pemilu 2024.

“Kami berkeyakinan bahwa semua tokoh yang bergabung hari ini (Senin, 1/5/2023) akan menambah amunisi buat PPP,” ujar Donnie Tokan, sapaan karibnya dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin (1/5/2023), dikutip dari Antara.

Promosi Mudah dan Praktis, Nasabah Bisa Bayar Zakat dan Sedekah Lewat BRImo

Donnie menjelaskan ratusan nama “gerbong” Wiranto tersebut sedang dibahas di Lajnah Pemenangan Pemilu (LP2) PPP.

“Untuk ditempatkan di dapil-dapil basis yang mereka bina selama ini,” ujarnya.

Dia mengklaim banyak tokoh hebat, baik independen maupun dari partai lain yang menyatakan minat bergabung ke PPP untuk selanjutnya menjadi bakal caleg PPP pada Pemilu 2024. Seperti halnya lebih dari 100 nama yang dihantarkan Wiranto pada Senin siang.

“Ditandai dengan kehadirannya (Wiranto) di Kantor PPP membawa rombongan dan disambut hangat oleh Plt. Ketum Bapak H. Muhamad Mardiono,” tuturnya.

Donnie juga menyebut banyak pula generasi Z yang kini bergabung ke badan otonom (Banom) PPP, seperti Generasi Muda Pembangunan Indonesia (GMPI), Gerakan Pemuda Ka’bah (GPK), hingga Angkatan Muda Ka’bah (AMK) untuk dibina menjadi politisi andal dan pemimpin masa depan di PPP.

“Kaderisasi yang kami bangun terus berlanjut dan membangun alat perekat, hadirnya banyak jenderal purnawirawan ikut menata strategi perang gerilya di (Pemilu) 2024,” ujarnya.

Sebelumnya, pada Senin (1/5/2023) siang, Wiranto menyerahkan lebih dari 100 nama eks kader Partai Hanura untuk menjadi kader PPP yang dapat diajukan menjadi bakal caleg pada Pemilu 2024.

“Kurang lebih 100 lebih yang saya anggap punya potensi untuk terus berjuang dalam politik. Kemudian, saya ajak berbincang-bincang dan ternyata pilihannya jatuh di Partai Persatuan Pembangunan,” kata Wiranto dalam kunjungannya di Kantor DPP PPP, Jakarta Pusat, Senin (1/5/2023).

Wiranto menjelaskan dirinya sama sekali tidak menggunakan cara militer terkait perpindahan ratusan eks kader Partai Hanura itu. Justru, kata dia, perpindahan tersebut berdasarkan pada pilihan politik masing-masing kader.

“Hari ini ternyata memang banyak (eks kader Partai Hanura) yang memilih PPP sebagai rumah perjuangan yang baru,” kata Wiranto.

Sebelumnya, KPU mengumumkan pendaftaran bakal caleg DPR RI, DPD RI, DPRD provinsi, serta DPRD kabupaten dan kota untuk Pemilu 2024 berlangsung pada 1-14 Mei 2023.

Pendaftaran bakal calon anggota DPR RI oleh parpol dan bakal calon anggota DPD RI dilakukan di Kantor KPU RI di Jakarta. Sedangkan pendaftaran bakal calon anggota DPRD provinsi dilakukan di kantor KPU provinsi masing-masing. Demikian juga untuk bakal calon anggota DPRD kabupaten dan kota, pendaftarannya digelar di KPU kabupaten dan kota masing-masing.

Pendaftaran bakal calon anggota DPD RI hanya bisa dilakukan oleh 700 bakal calon yang telah dinyatakan memenuhi syarat minimal dukungan pemilih dan sebaran untuk mengikuti Pemilu 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya