SOLOPOS.COM - Selamat Hari Batik Nasional. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Pada hari ini Senin, 2 Oktober 2023, diperingati Hari Batik Nasional, momen bersejarah dan istimewa bagi masyarakat Indonesia.

Hari Batik Nasional diperingati setiap tahun tanggal 2 Oktober. Batik nasional juga sudah masuk ke dalam daftar Perwakilan Warisan Budaya Tak Benda United Nations of Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) tahun 2009.

Promosi BI Rate Naik, BRI Tetap Optimistis Penyaluran Kredit Tumbuh Double Digit

Mengutip laman resmi DPMPTSP Kabupaten Cianjur, peringatan Hari Batik Nasional ini diputuskan ketika batik diakui dalam sidang ke-4 komite antar-pemerintah tentang Warisan Budaya Tak-Benda yang diselenggarakan UNESCO di Abu Dhabi. Dalam agenda tersebut, UNESCO mengakui batik, wayang, keris, noken, dan tari saman sebagai Budaya-Tak Benda warisan manusis oleh UNESCO.

Momen tersebut membuat Presiden ke-6 Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memutuskan tanggal 2 Oktober sebagai hari Batik Nasional yang tertuang dalam Keppres 33/2009.

Dalam sejarah Batik Indonesia, dituliskan sejarah pembatikan di Indonesia, sudah dimulai sejak masa kerajaan Majapahit. Bukti bahwa kerajaan Majapahit menerapkan teknik pembatikan untuk menciptakan busana terlihat pada sisa-sisa peninggalan batik yang ada di wilayah Mojokerto dan Bonorowo (sekarang Tulungagung) yang merupakan kawasan bekas Kerajaan Majapahit.

Setelah mengetahui sejarahnya, terdapat makna tersendiri dalam memperingati Hari Batik Nasional yang diperingati pada hari ini Senin, 2 Oktober 2023. Mengutip laman resmi Universitas Islam An Nur Lampung, berikut ini sederet maknanya.

  • Menunjukkan rasa bangga dan cinta terhadap batik sebagai warisan budaya Indonesia yang telah diakui dunia.
  • Menyadarkan masyarakat bahwa batik adalah karya seni yang memiliki nilai estetika, filosofis, dan historis yang tinggi.
  • Mendorong masyarakat untuk mengenakan batik sebagai salah satu identitas nasional dan simbol persatuan dalam keberagaman.
  • Meningkatkan apresiasi dan kreativitas masyarakat dalam mengembangkan batik sebagai industri kreatif yang berdaya saing dan berkelanjutan.
  • Menjaga dan melestarikan batik sebagai warisan budaya takbenda yang harus diwariskan kepada generasi mendatang.

Demikian sejarah dan makna Hari Batik Nasional 2 Oktober 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya