SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Ilustrasi (Dok.SOLOPOS), AMBRUK -- Pekerja membersihkan pecahan genteng dan patahan rangka besi yang masih bisa dimanfaatkan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 1, Joyotakan, Solo, Rabu (20/7). (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

Solo (Solopos.com)–Dana hibah senilai Rp 1,5 miliar untuk sekolah-sekolah swasta di Kota Solo diperkirakan cair bulan ini.

Promosi Desa BRILiaN 2024 Resmi Diluncurkan, Yuk Cek Syarat dan Ketentuannya

Saat ini, proposal pencairan bantuan tersebut sudah diserahkan ke Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (DPPKAD) Kota Solo.

Kasubag Perencanaan, Evaluasi, dan Pelaporan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Solo, Sri Sutopo mengatakan total sekolah swasta yang akan menerima bantuan tersebut berjumlah 55 sekolah, dengan rincian 18 TK dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), enam sekolah dasar (SD), 15 SMP, tujuh SMA, serta 9 SMK. Sekolah swasta penerima dana hibah dari Pemkot Solo tersebut sudah lulus verifikasi.

“Nanti pencairannya akan langsung ditransfer ke rekening masing-masing sekolah. Jadi tidak melalui Disdikpora dulu,” terang Sutopo saat dijumpai wartawan di Kantor Disdikpora Kota Solo, Rabu (21/9/2011).

Lebih lanjut Sutopo menjelaskan, dana hibah tersebut akan dimanfaatkan sekolah-sekolah swasta untuk rehab atau perbaikan ruang di sekolah dan peningkatan sarana penunjang atau mebeler.

Alokasi bantuan ke sekolah swasta tersebut disesuaikan dengan peruntukan atau spesifikasi di sekolah masing-masing. Alokasi hibah ke sekolah swasta juga disesuaikan dengan jenjang pendidikan sekolah penerima.

Dia mencontohkan, untuk tingkat SD akan memperoleh Rp 15 juta untuk rusak ringan, Rp 20 juta untuk rusak sedang, dan Rp 25 juta untuk rusak berat. Sedangkan tingkat SMP, bakal menerima Rp 30 juta untuk rusak ringan, Rp 35 juta untuk rusak sedang, dan Rp 50 juta untuk rusak berat.

(hkt)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya