SOLOPOS.COM - Ilustrasi pernikahan (Freepik)

Solopos.com, GUNUNGKIDUL - Pasangan  pengantin asal Kapanewon Playen, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), gagal menikah setelah orang tua mempelai perempuan dinyatakan positif  Covid-19. Pernikahan  yang sedianya digelar Jumat (14/8/2020) terpaksa ditunda hingga waktu yang belum ditentukan.

Warga Kapanewon Playen, Sugiyanto, mengatakan peristiwa itu bermula saat salah satu tetangganya, H, 56, hendak pulang dari Semarang ke Playen untuk menghadiri pernikahan putrinya. H selama ini diketahui bekerja di Semarang, Jawa Tengah.

Promosi Safari Ramadan BUMN 2024 di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah

"Terus hari Senin [10/8/2020] dia [H] mengeluh sesak napas dan dibawa ke RSUD Wonosari. Nah, di sana [RSUD] dia langsung di-swab dan kemarin [11/8/2020] sore keluar hasilnya ternyata positif [Covid-19]," kata Sugiyanto saat dihubungi wartawan, Kamis (13/8/2020).

Wah, Peneliti Sebut Harimau Jawa Masih Ada di Hutan Jawa Tengah

Setelah dinyatakan positif Covid-19, warga mencoba berkoordinasi dengan perangkat Desa hingga pihak Kapanewon Playen. Hal itu untuk menentukan apakah acara pernikahan putri H tetap berlanjut atau tidak.

"Setelah koordinasi, KUA tidak mau ambil risiko dan belum berani menggelar ijab kabul sebelum yang kontak dengan pasien positif dites swab dan hasilnya negatif," ujarnya.

"Jadi ya semua peralatan sewa dibatalkan, seperti tenda yang sudah terpasang juga diminta dibongkar karena situasinya memang tidak memungkinkan," imbuh Sugiyanto.

Kembali Kritik Jokowi, Amien Rais Bicara Politik Belah Bambu hingga Koncoisme

 

Tracing Kontak

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, Dewi Irawaty, membenarkan ada pasien positif Covid-19 asal Kapanewon Playen. Pasien itu adalah seorang laki-laki 56 tahun yang dinyatakan positif Covid-19 sejak kemarin. Sedangkan untuk riwayat yang bersangkutan melakukan perjalanan dari Semarang dan memiliki comorbid stroke.

"Kalau soal prosesi pernikahan saya memang tidak mengecek secara langsung. Jadi atau tidak saya tidak ngecek langsung karena memang tidak ada kaitannya dengan program penanganan Covid-19," ucap Dewi.

Dia menerangkan ayah mempelai perempuan itu kini sudah menjalani perawatan di RSUD Wonosari. Pihaknya juga tengah menelusuri kontak yang bersangkutan.

Bea Cukai Jateng-DIY Ungkap Rokok Ilegal Berselimutkan Cabai dan Kerupuk

"Tapi saat ini yang orang Playen positif itu sudah dirawat di RSUD Wonosari. Selain itu saat ini kami juga tengah melakukan tracing kontak untuk memutus rantai penularannya," lanjut Dewi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya