SOLOPOS.COM - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (detik)

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (detik)

JAKARTA–Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Rabu (5/9/2012) pagi bertolak ke Mongolia dan Rusia. Agenda utama adalah menghadiri KTT APEC dan mencari peluang ekonomi baru dengan negara-negara sahabat.

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

Agenda kerja utamanya di Rusia adalah menghadiri KTT APEC di kota Vladivostok. Tahun depan Indonesia menjadi ketua forum kerjasama ekonomi antar negera di kawasan Asia Pasifik tersebut.

“Terkait itu akan dilakukan serah terima Keketuaan APEC dari Rusia ke Indonesia untuk tahun 2013,” kata Staf Khusus Presiden bidang Hubungan Internasional, Teuku Faizasyah, Rabu dini hari.

Di sela-sela gelaran APEC itu, Presiden SBY dijadwalkan untuk mengadakan pertemuan bilateral dengan pemimpin beberapa negara sahabat. Di antaranya dengan Presiden RRT Hu Jintao, Presiden Meksiko Felipe Calderon, Presiden Peru Ollanta Moses Humala, dan Presiden Chile Sebastian Pi?era.

“Tentu saja juga dengan Presiden Vladimir Putin serta beberapa pengusaha Rusia,” sambung Faiz.

Sementara kunjungan kerjanya ke Mongolia pada 5-6 September ini, untuk memenuhi undangan dari Presiden Mongolia, Tsakhia Elbegdorj. Selama dua hari di Ulanbatar, Presiden SBY juga menemui PM Norovyn Altankhuyag, dan Ketua Parlemen Mongolia, Zandaakhuu Enkhbold serta menghadiri Pertemuan Bisnis Indonesia-Mongolia.

“Hubungan antara dua negara terus ditingkatkan utamanya mencari peluang ekonomi baru terkait posisi strategis Mongolia di Asia Tengah. Mongolia juga kaya sumber daya mineral yang perlu secara dikerjasamakan untuk keperluan ketahanan energi kita,” jelas Faiz.

Menurut jadwal, Presiden SBY dan rombongan terbang dari Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur, pukul 08.00 WIB. Pesawat kepresidenan yang dipakai adalah Boeing 757-500, Garuda Indonesia.

Presiden SBY dan Ny. Ani beserta rombongan direncanakan kembali ke Tanah Air pada Senin (10/9/2012. Setibanya di Tanah Air, Presiden SBY langsung membuka resmi pelaksanaan PON di Riau.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Solopos Hari Ini : Solo Great Sale Incar Investor

Solopos Hari Ini : Solo Great Sale Incar Investor
author
Rohmah Ermawati Senin, 6 Mei 2024 - 08:42 WIB
share
SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Senin (6/5/2024).

Solopos.com, SOLO–Harian Umum Solopos edisi hari ini, Senin (6/5/2024), mengangkat headline tentang ajang promosi dan diskon besar-besaran para pelaku usaha di Solo, Solo Great Sale, kali ini lebih diarahkan untuk menggaet investasi.

Diberitakan Solopos hari ini, Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, saat membuka Solo Great Sale 2024 di area car free day Jl. Slamet Riyadi, Solo, Minggu (5/5/2024) pagi, mengatakan Pemkot Solo tidak menargetkan nilai transaksi pada SGS 2024. Penyelenggara justru menargetkan masuknya investor untuk berinvestasi di Soloraya.

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

Teguh pun mengajak semua pemangku kepentingan untuk menjaga keamanan supaya banyak investasi yang masuk ke Jawa Tengah dan masyarakat dapat sejahtera. Dia juga menyebut Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka meminta Solo Great Sale dimajukan dari Oktober menjadi Mei 2024.

Kegiatan tahunan itu digelar lebih awal untuk meramaikan hari ulang tahun (HUT) ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) yang perayaan nasionalnya dipusatkan di Kota Solo, Rabu-Sabtu (15-18/5/2024).

Koran Solopos

“Wali Kota menyampaikan untuk menye­marakkan Dekranasda dan hari ulang tahun Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga [PKK] dibarengi diskon besar-besaran sekaligus menghadirkan Kementerian Investasi memulai SGS dengan kolaborasi Soloraya dan Jateng,” jelas Teguh.

Sinyal Koalisi PDIP-PKS di Pilkada Klaten

KLATEN—Bupati Klaten, Sri Mulyani, yang juga Ketua DPC PDIP Klaten memberi sinyal terbukanya koalisi antara PDIP dengan PKS menjelang Pilkada 2024. Sinyal itu disampaikan Sri Mulyani saat menghadiri halalbihalal PKS Klaten di Hotel Bima Klaten, Jl. Pemuda, Keca­matan Klaten Utara, Minggu (5/5/2024).

Pada kesempatan itu, Mulyani mengatakan halalbihalal itu menjadi momentum untuk menjaga silaturahmi. Selain itu, bagi Mulyani halalbihalal itu menjadi momen pengingat 2015. Kala itu, PDIP Klaten mengusung pasangan Cabup-Cawabup Sri Hartini-Sri Mulyani pada Pilkada Klaten. Duet duo Sri salah satunya didukung PKS. Pasangan itu pun terpilih menjadi Bupati Klaten-Wakil Bupati Klaten periode 2015-2020.

Emagazine Solopos

“Karena ada ‘musibah’ saya melanjutkan men­jadi Bupati Klaten. Tentunya warna di Klaten saat ini bisa seperti ini karena peran serta keluarga besar PKS. Walau 2020 tidak berjodoh kembali, tetapi peran nyata terlihat. Sri Mulyani bisa berdiri di sini karena PKS Klaten, itu saya akui,” kata Mulyani dalam
sambutannya.

Lagi, Pemerintah Minta Percepat Impor Gula

LOMBOK BARAT—Para importer gula diminta mempercepat suplai komoditas strategis tersebut untuk menekan tingginya harga gula di pasaran. Berdasarkan daftar hargapangan per Minggu (5/5/2024), harga rata-rata gula lokal mencapai Rp18.600 per kilogram, sementara yang premium senilai Rp19.150 per kilogram.

Permintaan percepatan itu disampaikan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan di sela-sela mendampingi Presiden Jokowi meresmikan Inpres Jalan Daerah (IJD) Segmen Lembar-Gili Mas di Lembar, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis (2/5/2024). Sebelumnya, pada akhir 2023, pemerintah juga melakukan hal yang sama dengan latar belakang yang sama pula.

Interaktif Solopos

“Kami sudah panggil para importir untuk mempercepat suplai. Itu untuk menekan harga gula,” ujarnya. Zulkifli mengakui saat ini harga gula sedang tinggi di pasaran meskipun berangsur-angsur turun. “Iya harga gula masih tinggi, tapi sudah mulai turun kok,” terang dia.

Kekerasan dalam Pacaran Makin Banyak Terjadi

JAKARTA—Pacaran pada usia anak-anak atau remaja sebaiknya dihindari guna menjaga kesehatan mental. Saat ini, makin banyak laporan perihal kekerasan yang terjadi dalam pacaran karena belum siapnya mental remaja dalam menjalin sebuah hubungan.



Hal itu disampaikan Deputi Bidang Perlindungan Khusus Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nahar, dalam Webinar Bedah Buku: Merdeka dari Kekerasan yang ditayangkan di Jakarta, Sabtu (4/5/2024).

Nahar mengatakan pacaran merupakan bentuk relasi personal di mana satu sama lain bisa belajar untuk saling berkomunikasi, memahami perasaan, berkomitmen memecahkan masalah, saling mendukung untuk hal-hal positif, sekaligus memahami batasan masing-masing. “Namun sayangnya, justru banyak terjadi kasus kekerasan dalam pacaran,” katanya.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Senin (6/5/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Diduga Sakit Hati, Pria Colomadu Bakar Bulldozer di Proyek Gedung Boyolali

Diduga Sakit Hati, Pria Colomadu Bakar Bulldozer di Proyek Gedung Boyolali
author
Anik Sulistyawati Senin, 6 Mei 2024 - 08:34 WIB
share
SOLOPOS.COM - Bulldozer yang dibakar oleh pria asal Colomadu di lokasi proyek pembangunan sebuah gedung di Boyolali beberapa waktu lalu. (Istimewa/Humas Polres Boyolali)

Solopos.com, BOYOLALI – Seorang pria asal Colomadu, Karanganyar, nekat membakar sebuah alat berat di proyek pembangunan gedung baru milik PT Solo Murni pada akhir 2023 silam di Boyolali. Usut punya usut, pria tersebut membakar alat berat karena sakit hati tak diterima bekerja oleh pengelola proyek.

Kasat Reskrim Polres Boyolali, Iptu Joko Purwadi, mewakili Kapolres Boyolali, AKBP Petrus Parningotan Silalahi, menyampaikan kejadian pembakaran pada 27 Desember 2023.

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

Satreskrim Polres Boyolali berhasil menangkap pelaku yang berinisial PR, 47. Ia diketahui membakar buldozer di lokasi proyek pembangunan gedung PT Solo Murni yang beralamat di Dukuh Bangak Ringin RT 011/RW 003, Desa Batan, Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali.

Setelah bersembunyi dan melarikan diri, terduga pelaku pembakaran telah ditangkap pada Kamis (2/5/2024). Ia ditahan di sel tahanan Polres Boyolali untuk menjalani pemeriksaan dan penyidikan lebih lanjut.

Koran Solopos

“Tersangka PR merupakan residivis warga Dukuh Kalangan  RT 001 RW 004, Desa Ngasem, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, ” terang Joko dalam keterangan tertulis yang diterima Solopos.com, Minggu (5/5/2024).

Setelah Polres Boyolali menerima laporan dari korban terkait pembakaran bulldozer, petugas kepolisian lalu melakukan langkah-langkah penyelidikan.

Berdasarkan hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) oleh Bid Labfor Polda Jateng, analisis kamera CCTV, keterangan ahli, dan keterangan para saksi, akhirnya diketahui alat berat tersebut sengaja dibakar oleh seseorang tak dikenal.

Emagazine Solopos

Setelah melakukan aksi jahatnya, orang tersebut diketahui melarikan diri. Polres Boyolali pun melaksanakan serangkaian penyelidikan dan penyidikan hingga Kamis pekan kemarin, pelaku berhasil ditangkap.

Kasat Reskrim menjelaskan akibat peristiwa pembakaran alat berat, korban atas nama Barnabas Mohammad Sahid, mengalami kerugian materiil senilai Rp365 juta.

Beberapa barang bukti yang diamankan oleh kepolisian seperti alat berat bulldozer warna kuning, satu unit sepeda motor honda Beat 2023, satu potong kaus warna abu-abu, dan satu buah topi warna hitam.

Interaktif Solopos

“Akibat perbuatannya, tersangka dijerat dengan pasal berlapis yakni Pasal 187 KUHP dan atau Pasal 406 KUHP dengan ancaman 12 tahun penjara,” kata dia.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

IHSG Diprediksi Menguat, Berikut Rekomendasi Saham dari Analis

IHSG Diprediksi Menguat, Berikut Rekomendasi Saham dari Analis
author
Newswire , 
Anik Sulistyawati Senin, 6 Mei 2024 - 08:02 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ilustrasi jual beli saham. (Freepik.com)

Solopos.com, JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) berpotensi menguat  pada pekan ini, dipengaruhi berbagai sentimen baik dari global maupun domestik.

Simak prediksi IHSG dan rekomendasi saham, dari GOTO hingga TLKM pada perdagangan pekan ini. Head Customer Literation and Education Kiwoom Sekuritas Oktavianus Audi mengatakan, IHSG pekan ini akan menguji support jangka panjangnya di MA200 dan menjadi level psikologis di level 7.000. Indikator MACD menunjukkan tren yang cenderung landai dengan RSI masih bergerak di bawah level 50.

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

“Meski demikian, kami melihat jika bertahan di atas level 7.000 maka potensi penguatan masih berpotensi terjadi pada pekan depan. Rentang IHSG diperkirakan berada di level support 7.056 dan resistance 7.230,” ujar Audi kepada Bisnis, Minggu (5/5/2024).

Dari sentimen dalam negeri, rilis pertumbuhan PDB Indonesia kuartal I/2024 diperkirakan tumbuh sebesar 4,8% year-on-year (yoy) atau lebih rendah dari periode sebelumnya sebesar 5,04% yoy.

Koran Solopos

“Kami mengkhawatirkan jika Pemilu tahun ini gagal mendongkrak konsumsi dan pertumbuhan, terlebih jika data akan berada di bawah ekpsektasi pasar. Namun, rilis kinerja kuartal I dan pembagian dividen tahun buku 2023 juga masih akan memberikan sentimen terhadap pasar pekan depan,” katanya.

Sementara itu, dari sentimen global, rilis data pekerjaan Amerika Serikat (AS) pada April 2024 tumbuh lambat jauh dibawah ekspektasi pasar sebesar 175.000 atau turun dari sebelumnya sebesar 315.000 penambahan pekerjaan baru. Terlebih, tingkat penggangguran AS 2024 naik ke level 3,9% berada di atas ekspektasi dan periode sebelumnya.

Menurutnya, hal itu diperkirakan akan membuat The Fed untuk bersikap dovish, dan akan memberikan sentimen positif untuk IHSG dan rupiah dengan potensi pemangkasan suku bunga dapat terjadi.

Emagazine Solopos

Dia mengatakan, investor dapat memanfaatkan momentum dari sentimen pelemahan data tenaga kerja AS yang diperkirakan akan membuat outflow, seiring dengan potensi pemangkasan suku bunga kian meningkat. Sejauh ini, The Fed masih menahan suku bunga di kisaran 5,25%-5,5% pada FOMC 1 Mei 2024.

“Ditambah jika IHSG berhasil mempertahankan level psikologisnya, maka kami meyakini pekan depan akan cenderung menorehkan performa positif,” jelas Audi.

Di lain sisi, Sekretaris Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI) Kautsar Primadi Nurahmad mengatakan IHSG pekan ini mengalami peningkatan sebesar 1,40% dan parkir pada level 7.134,72 pada Jumat (3/5/2024), dari level 7.036,07 pada penutupan pekan lalu.

Interaktif Solopos

“Peningkatan tertinggi selama sepekan terjadi pada rata-rata nilai transaksi saham, yaitu sebesar 9,78% menjadi Rp14,95 triliun dari Rp13,62 triliun pada penutupan pekan yang lalu,” ujarnya dalam keterangan resmi.

Kapitalisasi pasar juga naik sebesar 2,20% menjadi Rp12.012 triliun dari Rp11.754 triliun pada pekan sebelumnya. Sementara itu, rata-rata volume transaksi harian selama sepekan mengalami penurunan sebesar 3,27% menjadi 18,59 miliar lembar saham dari 19,22 miliar lembar saham dari penutupan pekan lalu.

Adapun, pergerakan investor asing pada Jumat (3/4/2024) mencatatkan nilai jual bersih sebesar Rp859,52 miliar dan sepanjang tahun 2024 investor asing mencatatkan nilai beli bersih sebesar Rp4,49 triliun secara year-to-date (ytd).



Rekomendasi saham Kiwoom Sekuritas antara lain GOTO, BBNI, BRIS, hingga TLKM.

Sebelumnya, IHSG Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Jumat (3/5/2024) sore ditutup menguat dipimpin oleh saham- saham sektor kesehatan.

IHSG ditutup menguat 17,30 poin atau 0,24 persen ke posisi 7.134,72. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 naik 4,58 poin atau 0,51 persen ke posisi 903,33.

“Untuk saat ini, investor tampak mengesampingkan kekhawatiran mengenai suku bunga dan fokus pada rilis laporan keuangan korporasi, serta mengantisipasi rilis data pasar tenaga kerja (Non-Farm Payrolls) Amerika Serikat (AS),” sebut Tim Riset Phillip Sekuritas Indonesia dalam kajiannya di Jakarta, Jumat seperti dilansir Antaranews.

Berdasarkan Indeks Sektoral IDX-IC, lima sektor menguat dipimpin sektor kesehatan yang naik 1,71 persen, diikuti sektor teknologi dan sektor barang konsumen primer yang masing-masing turun sebesar 1,08 persen dan 0,41 persen.

Sementara itu enam terkoreksi yaitu dipimpin sektor barang baku yang minus 0,58 persen, diikuti sektor transportasi & logistik dan sektor barang industri yang masing-masing turun sebesar 0,29 persen dan 0,24 persen.

Saham-saham yang mengalami penguatan terbesar yaitu LABA, RAAM, NASI, ACRO dan CLEO. Sedangkan saham-saham yang mengalami pelemahan terbesar yakni ATLA, SURI, MHKI, MANG, dan PYFA.

Frekuensi perdagangan saham tercatat sebanyak 964.832 kali transaksi dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 20,99 miliar lembar saham senilai Rp11,80 triliun. Sebanyak 254 saham naik, 288 saham menurun, dan 231 tidak bergerak nilainya.

Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Solopos.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories