SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Presiden SBY menyatakan dirinya bertanggung jawab dalam pengambilan keputusan bailout Bank Century yang dilakukan pemerintah pada November 2008, meskipun keputusan tersebut diambil tidak melalui izinnya.

“Meskipun saya tidak ada di Tanah Air saat itu, meski dalam merumuskan langkah tindak perbankan dan perekonomian yang mesti dilakukan terhadap Bank Century dan meskipun baik Gubernur BI dan Menkeu tidak melalui izin saya, karena beliau bekerja dengan UU, saya katakan bahwa yang dilakukan penyelamatan perekonomian kita adalah benar. Pertama kali yang saya sampaikan pada tanggal 23 November 2008 dan saya ulangi lagi pada arahan di Cilangkap, di Madiun, sebagai tindakan untuk selamatkan perekonomian kita, itu benar. Dan saya bertanggung jawab,” tandasnya dalam pertemuan dengan para bankir di kantornya, Jakarta, Senin (1/3).

Promosi BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun, ke Depan Lebih Fokus Hadapi Tantangan Domestik

Dalam kesempatan tersebut, SBY meminta setiap lapisan masyarakat untuk melihat tanda-tanda nyata terjadinya krisis ekonomi global yang telah mengancam sektor keuangan dan ekonomi di Indonesia.

“Jadi meskipun secara operasional teknis dilakukan oleh pejabat yang berwenang, tetapi saya benarkan tindakan itu. Mari kita pahami apa kebijakan tersebut,” kata SBY.

Di depan para bankir yang hadir, SBY mengatakan, kebijakan penyelamatan Bank Century merupakan pilihan yang diambil oleh mereka yang berwenang saat itu, yaitu Gubernur BI Boediono dan Menteri Keuangan Sri Mulyani yang merupakan anggota Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK).

Ditambahkan SBY, kebijakan penyelamatan Bank Century dilakukan untuk mengamankan negara sehingga tidak tertular krisis ekonomi global yang terjadi.

detikcom/rei

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya