SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/dok)

Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/dok)

JAKARTA – Pemerintah dan delegasi asal Indonesia akan menjajaki peluang investasi dari sejumlah perusahaan multinasional dari Jerman.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengatakan ada sejumlah perusahaan asal Jerman yang akan melakukan investasi dengan nilai besar di Indonesia. Pekan depan, ujarnya, pemerintah Indonesia yang dipimpin oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan menyelenggarakan bisnis forum di Jerman.

Pada forum tersebut, delegasi dari Indonesia akan bertemu dengan pimpinan (CEO) sejumlah perusahaan di Jerman, antara lain Volkswagen, Ferrostaal AG, Accor, dan Siemens. “Mereka punya rencana melakukan investasi yang cukup besar. Tapi itu detailnya di BKPM [Badan Koordinator Penanaman Modal],” ujarnya.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan ibu negara beserta delegasi akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Berlin, Jerman pada tanggal 3-5 Maret 2013 atas undangan Presiden Republik Federal Jerman Joachim Gauck. Selama kunjungan ke Jerman, Presiden RI akan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Republik Federal Jerman dan Kanselir Republik Federal Jerman Angela Merkel.

Kedua pertemuan bilateral tersebut akan membahas tindak lanjut Kemitraan Komprehensif yang diluncurkan oleh Presiden RI dan Kanselir Jerman di Jakarta pada 10 Juli 2012.

Selain itu juga akan dibahas secara mendalam prioritas kerja sama di bidang ekonomi (perdagangan, investasi dan pembangunan), kesehatan, pendidikan, riset dan teknologi, serta industri pertahanan. “Juga akan dibahas kerja sama terkait ketahanan pangan, ketahanan energi, dan transportasi,” ujar Juru Bicara Presiden bidang Internasional Teuku Faizasyah.

Selama berada di Jerman, SBY dijadwalkan akan membuka Pameran Pariwisata Internasional ITB (International Tourism Bourse) bersama Kanselir Jerman. “Indonesia akan menjadi negara mitra (partner country) dalam pameran tersebut,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya