SOLOPOS.COM - Begini kegiatan Earth Day Network di ISI Solo, Rabu (22/4/2015). (JIBI/Solopos/Dok.)

SBMPTN 2017, para pendaftar yang ingin kuliah di ISI Solo paling banyak meminati prodi DKV.

Solopos.com, SOLO –Program Studi (Prodi) Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) menjadi prodi yang paling banyak diminati pendaftar jalur Seleksi Bersama Nasional Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 yang ingin berkuliah di Institut Seni Indonesia (ISI) Solo.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Jumlah pendaftar Prodi DKV ISI Solo, mencapai 408 orang, disusul Prodi Televisi dan Film dengan pendaftar sebanyak 295 orang, Prodi Desain Interior sebanyak 220 orang, dan Prodi Seni Tari sebanyak 135 orang.

Ketua Prodi (Kaprodi) DKV FSRD ISI Solo, Basnendar H., mengemukakan, kuota kursi mahasiswa baru di DKV sebanyak 60 orang yang terinci menjadi 40 orang akan diisi lewat jalur SBMPTN dan 20 orang akan diisi lewat jalur Mandiri. Hingga Rabu (10/5/2017), pukul 07.55 WIB, juga sudah ada 22 pendaftar untuk Prodi DKV.

“Penerimaan mahasiswa baru di ISI Solo tahun ini berbeda, di mana selain melalui jalur Mandiri, juga ada 9 prodi, yaitu 6 dari FSRD dan 3 FSP (Fakultas Seni Pertunjukan) yang mengikuti jalur SBMPTN oleh Kemenristekdikti (Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi),” ungkap Basnendar ketika dihubungi melalui ponselnya, Rabu (10/5/2017).

Menurut Basnendar, jumlah pendaftar calon mahasiswa baru, khususnya Prodi DKV meningkat signifikan dibandingkan tahun lalu saat melalui jalur penerimaan sebelumnya.

“Peningkatan jumlah pendaftar, khususnya untuk Prodi DKV hampir 200 persen dibanding tahun lalu. Hal itu menjadi indikator bahwa Prodi DKV, walaupun baru berdiri 2012, sebagai salah satu prodi favorit dan bisa bersaing dengan Prodi DKV lainnya yang ada di perguruan tinggi di Indonesia yang sudah lama berdiri dahulu,” ungkapnya.

Peningkatan jumlah pendaftar akan berdampak pada kualitas mahasiswa yang lolos seleksi sehingga mampu meningkatkan kualitas prodi.

Peningkatan jumlah pendaftar tidak lepas dari semakin banyaknya prestasi yang diraih mahasiswa dan dosen, serta beragam kegiatan yang diselenggarakan di tingkat prodi, publikasi dan promosi yang gencar dilakukan sebagai media unjuk eksistensi prodi.

Seperti diinformasikan sebelumnya, penyelenggaraan ujian tertulis SBMPTN tahun ini diikuti 85 perguruan tinggi negeri (PTN) yang tergabung dalam kepanitiaan penyelenggaraan SNMPTN-SBMPTN, termasuk di dalamnya adalah sejumlah Institut Seni Indonesia (ISI), Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI), dan Universitas Islam Negeri (UIN).

Data Pendaftar SBMPTN 2017 untuk ISI Solo:

–Seni Tari: 135 orang
–Etnomusikologi. 80 orang
–Seni Teater 26 orang
–Kriya Seni 59 orang
–Televisi dan Film 295 orang
–Seni Rupa Murni 88 orang
–Desain Interior 220 orang
–DKV 408 orang
–Fotografi 112 orang
Sumber: ISI Solo (sry)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya