SOLOPOS.COM - Ilustrasi bisnis otomotif (Freepik)

Solopos.com, SOLO— Industri otomotif merupakan salah satu sektor industri yang terus berkembang pesat saat ini. Beragam produk baru muncul hampir setiap tahunnya, dengan berbagai inovasi di dalamnya.

Para pelaku atau pengelola merek di bidang otomotif pun terlihat begitu sigap dalam menanggapi persaingan yang ada. Solopos Media Group (SMG) menangkap hal itu dengan memberikan penghargaan untuk bidang otomotif dalam program Solo Best Brand and Innovation (SBBI) Awards.

Promosi BRI Kantor Cabang Sukoharjo Salurkan CSR Senilai Lebih dari Rp1 Miliar

Perkembangan dunia otomotif tersebut saat ini juga dibenarkan oleh para pelaku otomotif. Salah satunya dari pihak Sun Star Motor sebagai pengelola brand Mitsubishi. Branch Manager Sun Star Motor Solo, Petrus Indrojono, mengatakan jika berbicara mengenai persaingan saat ini, memang terlihat ada beberapa merek dan produk baru yang mulai muncul. Regulasi dari pemerintah mengenai emisi gas buang Euro4, kebijakan kendaraan listrik dan sebagainya, juga menjadikan industri otomotif semakin berkembang.

Menanggapi itu, pihaknya optimistis dapan menghadapi persaingan tersebut dengan baik. Sebagai pemain lama, pihaknya percaya diri dengan keunggulan yang menurutnya tidak dimiliki pelaku usaha lain, terutama yang baru. misalnya saja dari sisi jaringan termasuk jaringan servis yang luas dan lengkap, data base yang lebih dulu tersedia dan sebagainya.

“Ini menjadi keunggulan kami yang perlu kami improve dan lakukan untuk menjaga loyalitas serta kepercayaan para pelanggan atau pemgguna Mitsubishi,” kata dia, Rabu (1/3/2023).

Pihaknya juga mengaku memiliki strategi khusus untuk terus merawat konsumen. Dengan begitu dapat terus meyakinkan masyarakat untuk menggunakan produk yang ditawarkan. “Jadi masyarakat tidak perlu pusing ketika mulai beli. Sebab untuk perawatan, servis, mudah. Semua pakai strandar yang memenuhi kualifikasi Mitsubishi. Kami juga terus inovasi,” lanjut dia.

Hal yang sama juga disampaikan pihak Wuling. Meski tergolong pemain baru, namun brand tersebut juga tidak takut untuk bersaing dengan brand lain.

Branch Manager Wuling Solo Pabelan, David Sutomo, menyampaikan untuk persaingan dalam bidang otomotif sangat diperlukan untuk menjadikan pasar yang lebih sehat. “Menurut saya, persaingan ini justru menjadikan kami sebagai pelaku pasar menjadi sehat,” kata dia.

Menurutnya jika dalam pasar tidak ada kompetisi atau terjadi monopoli pasar, justru akan membuat pelaku bisnis tidak bisa mengetahui pencapaiannya secara jelas kecuali hanya masalah penambahan volume. Sementara untuk kepuasan market, penerimaan market akan sulit terukur.

“Dengan adanya persaingan kita akan tahu sebenarnya keinginan pasar itu seperti apa, baik dari produk, layanannya dan sebagainya. Dari persaingan itulah kualitas pasar akan terbentuk dengan sendirinya,” lanjut dia.

Meskipun untuk menuju persaingan yang lebih baik, perlu adanya pembenahan dari yang saat ini terjadi di lapangan. Menurutnya persaingan tidak melulu dari harga. Perlu juga melihat dari sisi produk, program dan sebagainya. Nemun menurutnya yang terjadi akhir-akhir ini persaingan itu lebih banyak ditonjolkan dalam hal harga.

“Itu memang yang menjadi PR kami para pelaku pasar di otimotif. Bagaimana membekali tenaga pemasaran kita agar tidak hanya bermain di harga. Penguasaan pengetahuan mengenai produk pada seorang wiraniaga itu juga sangat penting,” lanjut dia, Kamis (2/3/2023).

Sebab dengan kemampuan itu pula, upaya untuk meyakinkan masyarakat pada sebuah produk akan dapat dilakukan lebih baik. Selain itu upaya meyakinkan masyarakat pada sebuah produk atau brand otomotif adalah dengan mengoptimalkan layanan after sales. Untuk itu saat ini Wuling juga terus berupaya untuk mengoptimalkan layanan tersebut.

Dari sisi inovasi dalam menggarap pasar, Wuling juga tengah mempersiapkan lini-lini produk untuk masuk di semua segmen. Dengan begitu diharapkan masyarakat memiliki lebih banyak pilihan sesuai kebutuhannya.

Sementara itu Seksi Riset Panitia SBBI Award 2023, Sholahuddin, mengatakan kategori penghargaan SBBI selalu berkembang seiring dinamika suatu produk. Dunia otomotoif dinilai sebagai salah satu sektor industri yang selalu berkembang dan terus berinovasi.

“Kami tim SBBI akan melihat dinamika itu. Jenis baru itu kemudian kami jadikan kategori khusus untuk diberi penghargaan, agar penghargaan lebih tepat sasaran,” kata dia, Kamis.

Penghargaan tersebut diharapkan juga akan bermanfaat bagi masyarakat umum. Dimana ketika ada yang ingin membeli atau memanfaatkan produk otomotif, hasil survei tersebut dapat dijadikan pegangan bahwa ternyata merek itu memperoleh persepsi yang baik di mata masyarakat dan dianggap sebagai best brand atau merek terbaik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya