SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Ambon (Solopos.com) – Kota Saumlaki ibu kota Kabupaten Maluku Tenggara Barat Jumat (21/10/2011) sekitar pukul 09.56 WIT, diguncang gempa bumi tektonik berkekuatan 5,2 Skala Richter (SR).

Kepala Stasiun Geofisika Ambon Benny Sipolo di Ambon mengatakan, gempa tersebut terletak pada lokasi 6,75 lintang selatan atau 130,17 bujur timur, 186 Km barat laut Saumlaki, Provinsi Maluku, dengan kedalaman 85 Km.

Promosi Mudah dan Praktis, Nasabah Bisa Bayar Zakat dan Sedekah Lewat BRImo

Sipolo mengatakan, hasil koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten setempat gempa tersebut tidak menimbulkan tsunami. “Gelombang tsunami yang sering meresahkan masyarakat juga tidak berpotensi terjadi,” ujarnya.

Sipolo mengakui pihaknya intensif memantau perkembangan gempa karena wilayah Maluku Tenggara, seperti Kota Tual, Saumlaki termasuk daerah rawan terjadi gempa di Maluku yang hampir setiap hari terjadi peristiwa tersebut dengan kapasitas 2 – 3 SR

Menurut Sipolo, Provinsi Maluku merupakan salah satu daerah rawan gempa dan tsunami karena terletak pada pertemuan tiga lempeng besar yakni Pasifik, Indo Australia dan Eurasia.

Lempeng Indo Australia masuk ke bawah Eurasia, bertemu dengan Lempeng Pasifik sehingga mengakibatkan patahan yang tidak beraturan. ant

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya