SOLOPOS.COM - Rhoma Irama (Suara.com)

Solopos.com, BANJARMASIN — Sebuah video ramai di media sosial yang menyebutkan sandal penyanyi cum pendakwah Rhoma Irama hilang saat mengisi khotbah Salat Jumat di Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin pada Jumat (15/7/2022) lalu.

Polda Kalimantan Selatan memastikan video Rhoma Irama kehilangan sandal tersebut tidak benar alias hoaks.

Promosi Cuan saat Ramadan, BRI Bagikan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

Kasubdit V Siber Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Kalsel Kompol Ricky Boy Sialagan menyatakan pihaknya sedang menyelidiki pembuat video hoaks tersebut.

“Kami hari ini sudah terima laporan masyarakat, selanjutnya melakukan pendalaman terkait hoaks yang dilaporkan,” kata di Banjarmasin, Selasa (19/7/2022), seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Baca Juga: Bebas Bersyarat di Hari Raya, Ridho Rhoma Masih Dikenai Wajib Lapor

Disebutkan Ricky, dalam penanganan perkara sandal Rhoma Irama ini pihaknya mengedepankan prinsip ultimum remedium, yaitu hukum pidana dijadikan sebagai upaya terakhir dalam hal penegakan hukum.

“Prinsipnya kami berikan penanganan secara presisi kepada masyarakat,” jelasnya mewakili Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Kalsel Kombes Polisi Suhasto.

Baca Juga: Rhoma Irama Bersama Soneta Meriahkan Koser Re:Creating di Jakarta

Sekretaris Badan Pengelola Masjid Raya Sabilal Muhtadin Samsul Rani bersama delapan orang pengurus lainnya saat membuat laporan polisi menyatakan video berisi berita bohong sandal Rhoma Irama hilang yang beredar luas telah mencemarkan nama baik masjid terbesar di Kalimantan Selatan itu.

“Jadi kami menduga terdapat dua pelanggaran, yakni pencemaran nama baik dan Undang-Undang ITE,” jelasnya.

Baca Juga: Ridho Rhoma Divonis Dua Tahun Penjara, Begini Reaksi Sang Ayah

Dalam laporannya, Badan Pengelola Masjid Raya Sabilal Muhtadin menyertakan alat bukti video hoaks sandal Rhoma Irama hilang berdurasi 20 detik.

Samsul Rani berharap kejadian tersebut menjadi pelajaran semua pihak agar tidak sembarangan membuat informasi palsu dengan alasan apa pun, terlebih lagi dengan alasan bercanda.

Video hoaks tersebut tersebar di media sosial bertepatan pada momentum setelah Raja Dangdut Rhoma Irama menjadi khatib Salat Jumat pada 15 Juli 2022.

Baca Juga: Lirik Lagu Anak Kera Jenaka Rhoma Irama

Video dengan visual kubah masjid itu diisi suara yang mengaku panitia masjid menginformasikan bahwa sandal Rhoma Irama hilang dan meminta untuk segera dikembalikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya