SOLOPOS.COM - Salah seorang siswa kelas 5 SD AL Firdaus Solo sedang mengajukan pertanyaan kepada Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka, dalam acara Inspiration Class di aula setempat, Senin (27/5/2024). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO—Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menyambangi SD Al-Firdaus Solo dalam acara Inspiration Class, di aula setempat, Senin (27/5/2024). Dihadiri 70-an siswa kelas 5, Wakil Presiden terpilih 2024-2029 itu diberondong sejumlah pertanyaan.

Dalam kesempatan kali keduanya ke SD Al-Firdaus, Gibran disambut antusias oleh para siswa. Bahkan banyak diantara mereka sudah menyiapkan sejumlah pertanyaan sebelum kedatangan Mas Wali.

Promosi Dukung UMKM Go Ekspor, BRI Berangkatkan UMKM Kopi Gravfarm Ikuti Expo di AS

Setidaknya ada lebih dari delapan anak yang mengajukan pertanyaan secara langsung kepada Gibran dalam sesi diskusi, sedangkan siswa yang lain menulis di kertas untuk dikumpulkan karena keterbatasan waktu.

Jenis pertanyaan yang siswa pun beragam mulai soal kemacetan, program pembangunan, tips sukses menjadi pemimpin, pemberdayaan ekonomi, cara mengurangi pengangguran dan sebagainya.

“Sekarang ini di Solo mulai ramai dan macet, bagaimana Mas Gibran bisa mengatasinya?,” tanya salah salah satu siswa.

Ketika merespons tentang kemacetan di Solo, justru Gibran bertanya kepada murid-murid, “Kalian ke sekolah naik apa? Mobil semua kan?”

Sontak anak-anak menjawab, “Iyaaa.”

“Nah itu yang bikin macet salah satunya,” kata Gibran sambil tersenyum.

Suami Selvi Ananda tersebut berpesan kepada anak-anak bisa sekali-kali mencoba untuk naik BST atau angkutan umum yang disediakan oleh Pemkot Solo, agar jalanan tidak penuh oleh mobil-mobil pribadi. Karena menurutnya BST sudah nyaman dan ber-AC.

Termasuk saat ditanya bagaimana cara memajukan UMKM agar bisa ekspor ke luar negeri, Gibran menyampaikan bahwa salah satu caranya adalah dengan menggandeng UMKM lokal saat kunjungan dan pemeran ke luar negeri.

Seperti halnya yang dia lakukan saat kunjungan dan pameran produk di Paris, Prancis, yang diikuti oleh pelaku UMKM dari Solo belum lama ini.

Pada acara dengan tajuk Belajar Memimpin ala Gibran itu, Mas Wali juga menjelaskan tentang program 17 titik prioritas pembangunan Kota Solo. Mulai dari revitalisasi Kebun Binatang Jurug, revitalisasi Taman Balekambang, Pembangunan PLTSa Putri Cempo, Lokananta, Solo Technopark, dan sebagainya.

Di sesi akhir, Gibran membagikan gantungan kunci dan sejumlah buku kepada siswa. Para siswa juga berebut foto dan tanda tangannya.

Humas SD Al Firdaus Solo, Imam Subkhan, mengaku terkejut dengan kedatangan Walikota Solo mengingat kesibukannya sebagai pejabat publik. Terlebih sebelumnya pihaknya lah yang akan berkunjung ke Balai Kota Solo.

“Sungguh kami sangat surprise, di tengah kesibukan Mas Gibran yang luar biasa, tapi masih mau menyempatkan waktu untuk hadir dan memenuhi undangan kami, untuk menjadi guru kelas inspirasi di Al Firdaus. Sebenarnya di surat kami, anak-anak ingin berkunjung ke kantor beliau di Balai Kota Solo, tetapi beliau menginginkan untuk datang langsung ke sekolah, sungguh mencerminkan sosok pemimpin yang begitu perhatian, terutama terhadap dunia pendidikan. Bahkan, semua pertanyaan dari anak-anak dikumpulkan dan akan direspons oleh Mas Gibran, karena bisa menjadi masukan untuk pembangunan ke depan luar biasa!” ungkap dia.

Dia berharap pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan siswanya tentang bagaimana seorang pemimpin mampu membuat kebijakan-kebijakan atau peraturan yang berasal dari isu-isu atau masalah yang berkembang di masyarakat. Hingga nantinya kebijakan yang diambil pemimpin bisa memberikan kesejahteraan bagi warganya.

Inspiration Class merupakan kegiatan yang rutin dilakukan di SD Al Firdaus sebagai bentuk pendalaman dan implementasi mengenai suatu topik pembelajaran yang sedang dipelajari oleh siswa dengan mendatangkan atau mendatangi seseorang yang berkompeten di bidangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya