SOLOPOS.COM - Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menyelenggarakan International Cultural and Academic Competition 2nd (ICAC) bertema Strengthen Diversity, Empowering Unity di Auditorium Mohammad Djazman UMS, Selasa (25/7/2023).

Solopos.com, SOLO — Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menyelenggarakan kegiatan International Cultural and Academic Competition 2nd (ICAC) dengan meriah. Kegiatan bertema Strengthen Diversity, Empowering Unity tersebut diselenggarakan di Auditorium Mohammad Djazman UMS, Selasa (25/7/2023).

ICAC diawali dengan parade oleh Marching Band SMP Muhammadiyah 1 Kartasura bersama dengan mahasiswa internasional. Parade dimulai dari GOR UMS menuju Auditorium Mohammad Djazman UMS, yang berjarak sekitar 300 meter. Sebanyak 15 mahasiswa asing dari sejumlah negara di belahan dunia, datang ke gedung Auditorium UMS untuk menyemarakkan kegiatan ICAC UMS ke-2 tersebut.

Promosi Pelaku Usaha Wanita Ini Akui Manfaat Nyata Pinjaman Ultra Mikro BRI Group

Kepala Biro Kerjasama dan Urusan Internasional (BKUI) Andy Dwi Bayu Bawono SE, M.Si, Ph.D., menerangkan kegiatan ICAC ini bertujuan untuk mengenalkan kepada mahasiswa Indonesia tentang budaya dari negara lain, begitu pula sebaliknya.

“Kegiatan tentang budaya internasional seperti ini bertujuan untuk mendorong pertukaran budaya, mengenalkan sekaligus menghargai keberagaman budaya,” terang Andy.

UMS gelar ICAC 2nd
Penampilan perwakilan mahasiswa.

ICAC yang merupakan event tahunan dari UMS ini, menjadi wadah untuk berkumpul para mahasiswa internasional yang sedang menempuh pendidikan di Indonesia. Melalui kegiatan kebudayaan ini, mahasiswa dari berbagai daerah dan luar negeri dapat bertukar tentang tradisi, seni, musik, tari, makanan, dan budaya lainnya.

Ratsimandresy Yeriel Fiandrianana, mahasiswa dari Universitas Negeri Malang asal Madagaskar, menampilkan kegiatan sehari-hari di Madagaskar dan tari. Meskipun berasal dari kampus yang berbeda, tim dari Madagaskar mampu menampilkan pertunjukan dengan kompak. Mahasiswa asal Madagaskar itu mengaku timnya hanya belajar selama satu hari.

“Kegiatan ICAC 2 ini sangat menarik sekali, karena bisa bertemu dengan teman-teman baru dari negara-negara yang lain, tradisi, dan makanan-makanan tradisional mereka juga, dan menambah banyak relasi juga,” katanya setelah pertunjukan.

Mencoba Makanan

Menurutnya, hal yang paling menarik dari rangkaian ICAC ke dua adalah performance, karena yang ditampilkan sangat bervariasi sehingga dapat menambah wawasan.

ICAC juga menjadi tempat bagi para mahasiswa Indonesia untuk mencoba makanan-makanan khas dari negara lain. Begitu pula Khalisha Ramdhani Santoso, mahasiswa dari Prodi Kesehatan Masyarakat UMS mengungkapkan rasa puasnya karena telah mencoba makanan dari berbagai negara. “Menambah kekayaan rasa kuliner,” jelasnya.

UMS selenggarakan ICAC 2nd
Aksi salah satu mahasiswa dalam ICAC 2nd

Menurutnya, kegiatan ICAC yang diselenggarakan oleh UMS ini sangat menarik dan memberinya kesempatan untuk mencicipi makanan luar negeri.

“Kegiatan ini sangat bagus ya, karena dengan kegiatan ini kita jadi tahu dari mana aja makanan-makanan ini. Terus mencoba makanan-makanan yang belum pernah kita coba, tanpa harus ke luar negeri,” ungkap Khalisha.

Dia telah mencoba makanan-makanan yang tersedia di tenant makanan Bangladesh dan Pakistan. Dia juga berharap kegiatan seperti ICAC akan diadakan lagi tahun depan.

“Semoga ke depan ada kegiatan seperti ini lagi, mungkin dengan negara-negara yang berbeda jadi kita tahu itu makanan-makanan apa di negara tersebut, lalu dengan adanya acara ini kita jadi kenal dari mahasiswa-mahasiswa yang lain,” harap Khalisha.

Selain food festival, kegiatan ICAC 2nd ini juga dimeriahkan fashion show, food festival, vlog competition, performance competition, dan pertunjukan dari klub Jepang Solo Raya Utagawa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya