SOLOPOS.COM - Mark Zuckerberg (JIBI/Solopos/Reuters)

Mark Zuckerberg(JIBI/SOLOPOS/Reuters)

NEW YORK – Raksasa jejaring sosial Facebook mengajukan dokumen untuk penawaran umum saham perdana pada Rabu (1/2/2012) waktu AS. Mereka akan berupaya menghimpun dana hingga US$5 miliar atau senilai Rp44,6 triliun di Wall Street dalam salah satu peluncuran perdana di pasar saham yang paling ditunggu dalam sejarah.

Promosi Harga Saham Masih Undervalued, BRI Lakukan Buyback

Dokumen pengajuan kepada Securities and Exchange Commission (Badan Pengawas Pasar Modal) AS memberikan sekilas tentang rincian keuangan dari fenomena internet yang diluncurkan delapan tahun lalu oleh sang pendiri, Mark Zuckerberg dari kamarnya di asrama Universitas Harvard.

Facebook mengatakan, akan mencatatkan sahamnya di Wall Street tetapi tidak menetapkan tanggal kapan sahamnya akan mulai diperdagangkan. Perusahaan yang bermarkas di Palo Alto, California itu, melaporkan laba bersih sebesar US$668 juta (Rp 5,9 triliun) tahun lalu, naik dari US$372 juta dolar AS tahun sebelumnya. Pendapatannya naik hampir dua kali lipat menjadi US$3,7 miliar (Rp33 triliun) pada 2011 dibanding tahun sebelumnya.

Facebook mengatakan, saat ini pihaknya telah memiliki 845 juta pengguna termasuk 483 juta pengguna harian aktif. Dengan nilai dana yang dihimpun lima miliar dolar AS, IPO (initial public offering) Facebook akan menjadi yang terbesar oleh perusahaan teknologi, melampaui US$1,9 miliar (Rp16,9 triliun) yang dihasilkan oleh raksasa mesin pencarian Google ketika go public pada 2004 pada penilaian (valuasi) US$23 miliar (Rp205 triliun).

(Grafis: JIBI/SOLOPOS/Reuters/olah ulang: Is Ariyanto)

Nilai kapitalisasi pasar Facebook telah diperkirakan pada US$75 miliar hingga US$100 miliar (Rp669 triliun-Rp892 triliun). Nilai kapitalisasi pasar sebesar US$100 miliar akan menempatkan Facebook setara dengan McDonald (US$101 miliar), jauh di depan produsen pesawat Boeing (US$55 miliar). Namun jumlah itu masih di belakang Apple
(US$426 miliar) dan Google (US$189 miliar). Target penghimpunan dana Facebook sebesar US$5 miliar hanya awal dan dapat meningkat berdasarkan minat investor pada perusahaan.

Dalam sebuah surat kepada investor yang menyertai pengajuan permohonan IPO ke SEC, Zuckerberg mengatakan, Facebook “awalnya tidak diciptakan untuk menjadi perusahaan.” “Itu dibangun untuk mencapai misi sosial — untuk membuat dunia lebih terbuka dan terhubung,” katanya. “Kami pikir itu penting bahwa setiap orang yang berinvestasi di Facebook mengerti apa arti misi ini bagi kami, bagaimana kami membuat keputusan dan mengapa kami melakukan hal-hal yang kami lakukan,” katanya.

JIBI/SOLOPOS/Ant

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya