SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Pati–Perwakilan pengurus Nahdlatul Ulama (NU) dari sejumlah provinsi meminta Kiai Sahal Mahfudz kembali menjadi Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Salah seorang Pengurus NU dari Sumatra Barat Teuku Bagindo mengungkapkan, pihaknya menginginkan pengganti Rais Aam PBNU merupakan orang yang mampu memimpin organisasi dan mampu menggerakkan daerah.

Promosi BRI Group Berangkatkan 12.173 Orang Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

“Kami berharap, Kiai Sahal Mahfudz kembali memimpin Rais Syuriah atau Rais Aam,” katanya pada acara Silaturahmi Rais Syuriah dan Para Kiai di Tanah Air di Pondok Pesantren Maslakul Huda, di Desa Kajen, Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Minggu (7/3).

Ia mengatakan, alasan mengapa Kiai Sahal Mahfudz diusulkan tetap menjadi Rais AAm, karena merupakan figur yang alim dan netral. “Selama ini, Kiai Sahal belum pernah terlibat dalam politik praktis, sehingga kami berharap beliau bersedia kembali menjadi Rais Aam,” katanya.

Pernyataan senada juga diungkapkan perwakilan pengurus NU dari Kabupaten Situbondo Jatim, Fauzan, yang menginginkan Kiai Sahal Mahfudz untuk kembali menjadi Rais Aam PBNU. “Kami setuju mempertahankan Kiai Sahal Mahfud sebagai Rais Aam,” katanya.

Tetapi, kata dia, pihaknya juga meminta ketegasan Kiai Sahal Mahfudz untuk bersedia kembali memimpin Rais Aam. “Kalaupun berhalangan, kami meminta ada figur alternatif lain yang sesuai,” katanya.

Sementara perwakilan pengurus NU dari Kalimantan Selatan Hamdan Khalid juga menginginkan Kiai Sahal Mahfudz bersedia untuk memegang Rais Aam.
“Jika tidak bersedia, kami minta dicarikan alternatif yang sesuai,” katanya.

Beberapa perwakilan lain, seperti dari perwakilan pengurus NU dari Provinsi Sulawesi Tenggara, Papua, Bandung, Sulawesi Tengah,  Riau, Kabupaten Bangkalan, dan dari daerah lain juga mengungkapkan dukungannya kepada Kiai Sahal Mahfudz untuk tetap menjadi Rais Aam PBNU.

ant/rei

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya