SOLOPOS.COM - Chairman Rans Sports, Dito Ariotedjo dalam acara Ground Breaking Rans Prestige Sportainment. (ANTARA/Foto: istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Pengusaha muda Dito Ariotedjo yang merupakan sahabat artis Raffi Ahmad dikabarkan bakal dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) menggantikan Zainudin Amali pada hari ini Senin (3/4/2023).

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin menyampaikan pelantikan akan dilakukan pada sore ini di Istana Negara bersama pelantikan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Senin (3/4/2023).  “Nama-namanya kami belum dapat informasi, tetapi akan dilantik sore nanti,” ujarnya kepada wartawan melalui pesan teks, Senin (3/4/2023). 

Promosi Direktur BRI Tinjau Operasional Layanan Libur Lebaran, Ini Hasilnya

Dito Ariotedjo adalah Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) periode 2017-2022, organisasi kepemudaan yang berada di bawah Partai Golkar. Bahkan, dirinya juga menjadi Ketua Panitia HUT Golkar ke-58 pada tahun lalu. 

Untuk pengalaman di bidang olahraga, Dito Ariotedjo pernah pernah menjadi Chef de Mission kontingen Indonesia ke Youth Olympic 2018 Argentina dan menjadi pengurus Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) DKI Jakarta. Pada 2019 dirinya juga pernah menjadi Juru Bicara untuk pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden RI Joko Widodo – Ma’ruf Amin

Kemudian pada akhir 2021, Dito Ariotedjo bersama Raffi Ahmad, dan juga CEO Prestige Motor, Rudy Salim berkolaborasi membentuk dan membesarkan Rans Sport. Dito Ariotedjo kini menjabat sebagai Chairman Rans Nusantara FC. Kemudian di April 2022, Dito dipercaya untuk masuk ke dalam jajaran tim ahli Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia. Dito merupakan anggota tim ahli yang termuda dari 7 anggota lainnya. 

Sedangkan yang rumornya akan dilantik menjadi Kepala BNPT adalah Komjen Pol. Rycko Amelza Dahniel  menggantikan Komjen Pol. Boy Rafli Amar yang memasuki masa pensiun. Rycko merupakan lulusan Akademi Kepolisian 1988 dengan meraih predikat lulusan terbaik. Pria kelahiran Bogor, 14 Agustus 1966, tersebut berpengalaman dalam bidang reserse.

Sebelumnya, Jokowi telah mengabarkan terkait dengan rencana pelantikan Menpora usai Zainudin Amali mundur, dimana mengatakan bakal menggelar pelantikan Menpora baru dalam waktu dekat. “Minggu depan,” ujarnya kepada wartawan usai kegiatan peresmian Kawasan Ekonomi Khusus Lido di Bogor, Jumat (31/3/2023).

Sinyal mengenai pelantikan Menpora baru juga diungkapkan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Apalagi, kursi Menpora memang merupakan jatah Partai Golkar. “Menpora katanya segera dilantik,” kata Airlangga di Kantor DPP PAN, Jalan Warung Buncit Raya, Pancoran, Jakarta Selatan, Minggu (2/4/2023).

 

Sebagian artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Jokowi Lantik Menpora dan Kepala BNPT Sore Ini, Siapa Sosoknya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya