SOLOPOS.COM - Bakal Calon Presiden dari Partai NasDem Anies Rasyid Baswedan (kanan) bersalaman dengan sukarelawan saat menghadiri rapat akbar dan kader Partai NasDem di Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (10/12/2022). (Antara/Arnas Padda)

Solopos.com, JAKARTA – Safari politik yang dilakukan bakal calon presiden (bacapres) dari Partai Nasdem, Anies Baswedan, diduga berefek pada elektabilitasnya.

Hasil survei terbaru dari Saiful Mujani Research And Consulting (SMRC) menunjukkan elektabilitas Anies Baswedan naik.

Promosi Dirut BRI dan CEO Microsoft Bahas Akselerasi Inklusi Keuangan di Indonesia

Sementara itu elektabilitas kandidat lainnya, Ganjar Pranowo stagnan. Elektabilitas bacapres dari Partai Gerindra, Prabowo Subianto, bahkan malah turun.

Direktur Riset SMRC, Deni Irvani, mengatakan ketiga nama itu merupakan bakal calon presiden yang selalu masuk tiga besar elektabilitas tertinggi.

Baca Juga: Heboh Anies Baswedan Naik Jet Pribadi, Nasdem: Dulu Jokowi Juga Kami Sewakan

Dalam survei terbaru, hasil juga tak jauh berbeda. Dalam simulasi semiterbuka dengan daftar 45 nama, Ganjar memperoleh 26,5 persen suara, disusul Anies dengan 18,6 persen, Prabowo 16,8 persen; dan Ridwan Kamil di angka 6 persen.

Sementara itu, nama-nama lain hanya dapat kurang dari 2 persen suara. Masih ada 14,4 persen yang belum menentukan pilihan.

Ganjar Stagnan

Dibandingkan hasil survei pada November 2022, perolehan suara Ganjar cenderung stagnan. Pada survei itu, dia memperoleh 26,7 persen suara.

Artinya, hanya ada perbedaan 0,2 persen suara dari survei Desember 2022 ini.

Baca Juga: Safari Politik Anies Disoal, KPU bakal Bikin Aturan Kampanye di Luar Jadwal

Untuk Anies Baswedan suaranya naik. Pada November 2022 mantan gubernur DKI Jakarta itu memperoleh 17 persen. Artinya, ada peningkatan 1,6 persen suara.

Pada survei yang sama, perolehan suara Prabowo mengalami penurunan. Pada November 2022, menteri pertahanan itu memperoleh 18,8 persen.

Artinya, ada pengurangan 2,2 persen suara.

Baca Juga: Sandiaga Ingin ke Pilpres 2024, Prabowo Minta Fokus ke Kementerian Pariwisata

Dibanding bulan lalu, kini Anies juga telah menggeser Prabowo di urutan kedua.

Suara Tertinggi

Sementara itu dalam simulasi tiga nama, Ganjar tetap memperoleh suara tertinggi dengan 33,7 persen, Anies menyusul dengan 28,1 persen, dan Prabowo memperoleh 26,1 persen.

Deni menekankan, baik Ganjar, Anies, dan Prabowo belum ada yang memperoleh lebih dari 50 persen suara di semua simulasi.

“Sehingga terbuka kemungkinan pilpres akan dua putaran,” ujar Deni dalam rilis pers, Selasa (20/12/2022).

Baca Juga: Rapat Akbar, Anies Baswedan Bakar Semangat Pendukung & Simpatisan di Makassar

Survei SMRC diselenggarakan pada 3 hingga 11 Desember 2022 dengan jumlah sampel 1220 yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sampel dipilih menggunakan teknik stratified multistage random sampling, dengan margin error kurang lebih 3,1 persen.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Survei SMRC: Elektabilitas Ganjar Stagnan, Anies Naik, Prabowo Turun”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya