SOLOPOS.COM - Jumpa Pers tentang wisuda ahli madya pertama Universitas Tunas Pembangunan (UTP) di Hotel Megaland Solo, Kamis (21/9/2023). (Solopos.com/Maymunah Nasution).

Solopos.com, SOLO — Universitas Tunas Pembangunan (UTP) akan melaksanakan prosesi wisuda ahli madya pertama, wisuda ke-87 sarjana strata satu (S1) dan wisuda ke-5 Program Magister Tahun Akademik 2022/2023 di GOR Plesungan Karanganyar, Sabtu (23/9/2023) mendatang.

Dalam periode wisuda ini, UTP meluluskan 363 mahasiswa dengan rincian prodi Teknik Sipil sebanyak 96 wisudawan, prodi Arsitektur 29 wisudawan, prodi D3 TPP 5 wisudawan, prodi Agroteknologi 12 wisudawan, prodi Agribisnis 15 wisudawan, prodi Manajemen 35 wisudawan, prodi Akuntansi 16 wisudawan, prodi Bimbingan Konseling 6 wisudawan, prodi PKO 84 wisudawan, prodi PGSD 13 wisudawan, prodi Pendidikan Jasmani 49 wisudawan, dan program Magister Pendidikan Jasmani 3 wisudawan.

Promosi BRI Sukses Jual SBN SR020 hingga Tembus Rp1,5 Triliun

Wisudawan juga berasal dari prestasi terbaik diambil 1 dari masing-masing program studi dan prestasi cumlaude dari Fakultas Teknik sebanyak 19 wisudawan, Fakultas Pertanian sebanyak 13 wisudawan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 25 wisudawan, serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sebanyak 38 wisudawan.

Sejak berdiri pada 1980 hingga saat ini, UTP telah berhasil meluluskan 17.386 Sarjana, 26 Magister, dan lima Diploma. Prodi D3 TPP atau Teknologi Pemeliharaan Pesawat merupakan salah satu prodi baru di UTP.

Pada periode wisuda September 2023 kali ini, lima mahasiswa angkatan pertama prodi TPP lulus tepat waktu bersamaan dengan wisuda sarjana ke-87 dan wisuda program magister ke-5.

Kaprodi TPP, Indra Permana, mengatakan jika prospek kerja lulusan TPP utamanya di industri pemeliharaan pesawat yang mulai bangkit pasca Covid-19.

“Lulusan TPP sebagian mulai apply ke industri tersebut dan sebagian lagi sedang proses untuk memperoleh basic license di PT Merpati Training Center. UTP ada kerjasama dengan MTC untuk program matrikulasi lisensi A1 dan A4. Jadi lulusan TPP yang berminat bisa lanjut sekitar 2-3 bulan training di MTC untuk kemudian bisa ujian license tersebut,” tutur Indra.

Indra berharap seluruh lulusan TPP dapat memiliki karier yang cemerlang dan prodi TPP semakin berkembang serta mampu mencetak lulusan yang kompeten di bidang pemeliharaan pesawat.

Rektor UTP, Prof. Winarti, mengatakan keberhasilan UTP menyelenggarakan wisuda kesekian kalinya berasal dari sekian banyak perubahan yang dilakukan untuk memajukan perguruan tinggi swasta tersebut.

“Kalau saya katakan, itu sesuai dengan perkembangan-perkembangan di dalam maupun di luar negeri. Kerja sama kami baik ke dalam maupun luar negeri selalu menyesuaikan perkembangan itu, sehingga mudah-mudahan dengan penyesuaian tersebut bisa membawa hal baik untuk UTP,” ujar Winarti dalam konferensi pers bersama media di Hotel Megaland Solo, Kamis (21/9/2023).

Wisudawati Atlet

Salah satu wisudawati yakni berasal dari program studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO) Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Solo, Dwi Retno.

Dwi berhasil lulus tepat waktu meskipun selama kuliah dia juga disibukkan dengan aktivitas sebagai atlet bela diri Mixed Martial Arts (MMA). Dia merupakan atlet dengan julukan The Reef yang berhasil mempertahankan gelarnya sebagai fighter di kelas women strawweight.

Saat jumpa pers wisuda UTP di Hotel Megaland Solo, Kamis (21/9/2023), Dwi mengatakan awalnya dia hanyalah pengangguran. Tiga tahun menganggur, Dwi kemudian mendapatkan tawaran untuk kuliah di UTP. Sejak saat itu, Dwi dapat mengenyam pendidikan dan lulus tepat waktu.

“Di sini [UTP] dosennya semua mendukung, mendukung kreativitas saya di bidang akademik dan non akademik jadinya saya bisa seimbang dalam prestasi olahraga dan akademiknya. Dulu saya tidak kepikiran bisa menerima ijazah S1, dan ini memang kebanggaan saya selain menjadi juara MMA,” ujar Dwi saat jumpa pers.

Ke depan, Dwi ingin melanjutkan kuliah dengan mendaftar Pascasarjana untuk mendapatkan gelar magister sembari terus bertanding di MMA hingga menjadi juara internasional.

Dwi bersyukur mengenyam pendidikan di UTP karena sangat mendukung potensinya sekaligus mencegahnya untuk menganggur lebih lama lagi.

Tidak mudah baginya untuk membagi waktu antara kuliah pertandingan. Namun, dia melalukan berbagai upaya, seperti memulai latihan lebih awal yakni pukul 06.00 WIB.

Sering kali, dia juga meminta izin kepada dosen-dosennya untuk izin tak mengikuti kuliah, namun dimaklumi.  Hal itu yang membuatnya semakin merasa beruntung kuliah di UTP.

Dwi mengaku beberapa waktu lalu baru saja menyelesaikan Kejuaraan Pekan Olahraga Provinsi Jawa Tengah. Dwi menjadi wakil Solo dalam cabang olahraga tinju.

Grafis Lulusan UTP

Berikut Daftar Grafis Lulusan UTP Tahun Akademik 2022/2023 di GOR Plesungan Karanganyar, Sabtu (23/9/2023) mendatang

Total jumlah lulusan: 363

Prodi Teknik Sipil: 96

Prodi Arsitektur: 29

Prodi D3 TPP: 5



Prodi Agroteknologi: 12

Prodi Agribisnis: 15

Prodi Manajemen: 35

Prodi Akuntansi: 16

Prodi Bimbingan Konseling: 6

Prodi PKO: 84

Prodi PGSD: 13

Prodi Pendidikan Jasmani: 49

Program Magister Pendidikan Jasmani: 3

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya