SOLOPOS.COM - Puluhan suporter saat pertandingan Persib Vs Persija di Stadion Manahan Solo terlibat rusuh, Minggu (5/11/2016). (SoloposTV)

Rusuh suporter di Solo saat pertandingan Persija melawan Persib.

Solopos.com, SOLO — Sedikitnya tujuh suporter Persija Jakarta alias Jackmania mengalami luka-luka saat menonton pertandingan Persija melawan Persib Bandung di Stadion Manahan Solo, Sabtu (5/11/2017) malam.

Promosi Video Uang Hilang Rp400 Juta, BRI: Uang Diambil Sendiri oleh Nasabah pada 2018

Saksikan Juga:

Video Puluhan Suporter Ditangkap: https://www.youtube.com/watch?v=Oe14hoM-V_o&feature=youtu.be

Mereka terluka karena gesekan dengan sesama Jackmania. Kapolresta Solo, Kombes Polisi Ahmad Lutfi, mengatakan jumlah seluruh penonton yang memadati tribun Stadion Manahan ada 19.000. Saat pertandingan, terjadi keributan antar sesama Jackmania yang membuat sedikitnya tujuh orang di antaranya mengalami luka.

“Sebagian dirawat, sebagian meninggalkan tempat. Itu keributan gesekan antar suporter. Tak ada motif lain. Mereka hanya
luka ringan,” ujarnya kepada wartawan seusai pertandingan.

Ia menjelaskan, penonton yang memadati Manahan didominasi oleh Jackmania dan masyarakat umum. Suporter Persib atau biasa disebut Viking dilarang datang untuk menghindari keributan antar suporter.

“Pertandingan ini adalah home untuk Persija sehingga Persib dilarang mengirimkan suporter. Nanti sama, kalau Persib yang melakoni pertandingan home, Persija dilarang mengirimkan suporter,” terang dia.

Ia mengakui mendapat informasi penyekatan Viking di Cilacap dan Brebes. Ada banyak suporter Persib Bandung yang menumpang pada sekitar 13 bus.

Menurutnya, kerusuhan itu masih dalam tahap normal karena tidak sampai mengganggu pertandingan. Kondisi ricuh itu masih terkendali pihak pengamanan dari kepolisian. “Tak ada petugas yang terluka,” tuturnya.

Lebih lanjut, polisi langsung melakukan pengawalan pada suporter Persija yang menumpang sekitar 170 bus. Sesuai instruksi
Kapolda Jawa Tengah, masing-masing polres wajib mengamankan perjalanan suporter sampai Jakarta.

“Malam ini juga mereka harus kembali. Limit pukul 24.00 WIB Jackmania sudah meninggalkan Solo,” katanya.

Sementara itu, para pemain dan official Persib diangkut menuju hotel dengan pengawalan ketat. Mereka naik enam unit mobil baracuda. “Sesuai protab, persib kami amankan menuju hotel dan selama berada di hotel. Mereka mendapat jaminan keamanan,” terang dia.

Di lain tempat, Satuan Reskrim Polresta Solo menciduk belasan Jackmania yang kedapatan membawa minuman keras (miras) jenis ciu sebelum laga antara Persija vs Persib di Stadion Manahan tersebut. Mereka dibawa ke Mapolresta untuk dimintai keterangan.

Polisi mengamankan puluhan botol air minum berisi ciu. Setelah pertandingan usia, mereka diminta kembali ke Jakarta bersama rombongan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya