SOLOPOS.COM - Warga palestina mengibarkan bendera dalam aksi di Tepi Barat, Ramallah, Minggu (25/11/2012), mendukung upaya Presiden Mahmoud Abbas untuk mendapatkan pengakuan di PBB. (Reuters)

warga palestina mengibarkan bendera dalam aksi di Tepi Barat, Ramallah, Minggu (25/11/2012), mendukung upaya Presiden Mahmoud Abbas untuk mendapatkan pengakuan di PBB. (Reuters)

MOSKOW – Pemerintah Rusia terang-terangan menegaskan dukungannya bagi Palestina di PBB. Rusia menyatakan akan memilih pilihan yang menjamin peningkatan status keanggotaan Palestina.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Federasi Rusia akan menggunakan hak pilih untuk mendukung resolusi ini didasarkan pada posisi yang kami yakini,” demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Rusia menjelang voting di Majelis Umum PBB, seperti dilansir Channel News Asia, Kamis (29/11/2012).

Rusia yang merupakan salah satu anggota tetap Dewan Keamanan PBB, telah sejak lama menunjukkan dukungan bagi resolusi yang memperjuangkan peningkatan status Palestina di PBB.

“Dukungan kami terhadap sikap Majelis Umum ini juga dipicu oleh fakta bahwa hal ini sendiri bagi rakyat Palestina tidak dipandang sebagai…sebuah alternatif bagi proses perdamaian di Timur Tengah,” terang Kemenlu Rusia.

“Pada kondisi seperti ini, upaya internasional maupun regional harus difokuskan pada kelanjutan perundingan langsung antara Israel-Palestina,” imbuh Kemenlu Rusia dalam pernyataannya.

Kamis (29/11/2012) waktu setempat atau Jumat (30/11/2012), sebanyak 193 negara anggota PBB, termasuk Rusia, China, Israel bahkan Amerika Serikat diharapkan menggunakan hak pilihnya dalam Sidang Majelis Umum PBB. Mereka akan memilih apakah mendukung atau menentang resolusi yang diajukan Palestina soal peningkatan status keanggotaannya di PBB.

Sebelumnya diberitakan, Prancis menyatakan dengan jelas akan mendukung Palestina dalam resolusi tersebut. Sikap Prancis ini ditentang keras oleh sekutu lamanya, Amerika Serikat. AS bersama Israel dipastikan akan menolak resolusi tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya