SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Politisi Partai Demokrat, Ruhut Sitompul, gemar menghisap cerutu saat waktu senggang dan melepas lelah di ruang kerjanya di DPR. Ruhut siap menghentikan kebiasaannya itu apabila Pergub larangan merokok berlaku.

“Saya dukung sepenuhnya apabila Pergub larangan merokok berlaku. Saya siap stop menghisap cerutu di semua lingkungan DPR karena DPR adalah rumah rakyat,” kata Ruhut kepada detikcom, Sabtu (16/10).

Promosi Klaster Usaha Rumput Laut Kampung Pogo, UMKM Binaan BRI di Sulawesi Selatan

Ruhut mengaku menghabiskan 1 cerutu setiap harinya. “Saya biasanya menghisap cerutu di ruang kerja saya atau saat break,” ujar Ruhut.

Menurut dia, larangan merokok tidak diatur di DPR. Kita tidak boleh merokok selama bekerja dan rapat.

“Tetapi, kalau aturan itu diubah, saya akan taat dan saya setuju itu. Marilah kita tegakkan hukum,” kata Ruhut.

Pemprov DKI Jakarta telah mengeluarkan Pergub No 88 Tahun 2010 Tentang Kawasan Dilarang Merokok (TKDM) yang ditetapkan Tanggal 6 Mei lalu. Dalam Pergub tersebut, pengelola gedung diwajibkan untuk membongkar tempat khusus merokok yang wajib disediakan pengelola gedung sesuai ketentuan Pergub lama.

Pemprov DKI meminta semua pihak termasuk anggota DPR untuk menghormati peraturan gubernur tentang kawasan dilarang merokok.

Masalah larangan rokok ini memang menjadi pro kontra di kalangan Senayan. Ada yang tidak setuju dengan larang merokok karena bukan tempat umum. Padahal hampir semua ruangan di DPR ber-AC. Ada yang mencari jalan tengah dengan menyebut bahwa larangan merokok hanya berlaku di saat anggota DPR rapat.

Namun ada juga yang tegas agar rokok di dalam gedung di larang, selain Didi yakni Anggota DPR dari FPG Bambang Soesatyo. Bahkan dia usul agar anggota DPR yang kedapatn merokok di ruang ber-AC fotonya dipajang terbuka.

dtc/nad

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya