SOLOPOS.COM - Rocky Gerung berdiskusi dengan mahasiswa di salah satu kafe di Surabaya setelah ditolak kampus Unair, Selasa (1/8/2023) lalu. (Youtube)

Solopos.com, JAKARTA — Pengamat politik Rocky Gerung mengomentari pernyataan cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yang menyebut jika pasangan AMIN kalah dalam Pilpres 2024 Indonesia dalam ancaman besar.

Menurut Rocky, pernyataan Cak Imin itu merupakan blunder besar yang mengganggu naiknya elektabilitas Anies Baswedan.

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

“Tadi saya baca berita soal Cak Imin yang mengatakan, kalau AMIN tidak menang, Indonesia akan berada dalam kesulitan besar. Ini ngaco kan, itu artinya kalau Ganjar atau Prabowo menang, Indonesia akan kacau,” kata Rocky Gerung seperti dikutip dari tayangan kanal Youtube Rocky Gerung Official, Minggu (3/12/2023).

Rocky mengingatkan posisi Cak Imin yang hingga saat ini masih dalam pemerintahan Jokowi.

Cak Imin, kata Rocky, ada di dalam sistem Pemilu yang seharusnya bertindak saling menguatkan.
“Sejak awal orang harus perhatikan, Cak Imin ini ngerti nggak kalau dia ada di dalam sistem Pemilu yang harusnya bersikap saling menguatkan. Lain kalau saya opsisi, saya justru nggak percaya dengan kejujuran Pemilu,” kata Rocky Gerung.

Karenanya, menurut Rocky, jika Cak Imin tampil seperti dua pasangan lainnya maka Indonesia tidak punya pilihan baik.

“Kalau dia tampil arogan juga seperti 02 dan 03, maka kita berada pada jebakan yang sama kan. Anies dan Cak Imin pada akhirnya juga terjebak dalam arogansi, sama aja kan?” katanya.

Sebagai informasi, hingga saat ini elektabilitas pasangan AMIN masih di bawah Prabowo-Gibran dan Ganjar Mahfud Md.

Ada 9 lembaga survei yang sudah mengumumkan hasilnya.

Kesembilan lembaga survei tersebut adalah TKN Jawa Barat, Survei IRC, LPI, LSI Denny JA, LSN, SPIN, Survei IPO, PWS dan Poltracking.

Dari kesembilan lembaga survei tersebut, hanya Poltracking, Survei IPO, dan TKN Jawa Barat yang tidak menempatkan elektabilitas AMIN di posisi bawah, itupun di posisi kedua di bawah Prabowo-Gibran.

Pernyataan Cak Imin itu terjadi beberapa hari lalu. Di hadapan simpatisan AMIN ia mengatakan bahwa jika dirinya dan Anies Baswedan kalah maka Indonesia akan berada dalam situasi bahaya dan ancaman besar.

“Keringat kalian, jerih payah kalian, semangat kalian, tidak akan pernah sia-sia. Karena apa? Apa yang disampaikan Mas Anies itu urgensi, kebutuhan. Kalau kita tidak menang, Indonesia dalam ancaman bahaya dan kehancuran,” ujar Cak Imin.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Elektabilitas AMIN Masih Rendah, Cak Imin Malah Blunder Lagi”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya