SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi membahas tentang julukan Pak Lurah itu saat membacakan pidato kenegaraan dalam Sidang Tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (16/8/2023). (Youtube DPR RI)

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo menanggapi tentang julukan “Pak Lurah” yang disematkan kepada dirinya oleh sejumlah politikus beberapa waktu terakhir seiring menghangatnya tensi politik menjelang Pilpres 2024.

Jokowi membahas tentang julukan Pak Lurah itu saat membacakan pidato kenegaraan dalam Sidang Tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (16/8/2023).

Promosi Klaster Usaha Rumput Laut Kampung Pogo, UMKM Binaan BRI di Sulawesi Selatan

Ia mengatakan awalnya tidak tahu tentang julukan Pak Lurah itu ditujukan kepada siapa.

Belakangan dirinya sadar bahwa ternyata julukan tersebut untuk dirinya.

“Sedang tren ini di kalangan politisi dan parpol, setiap ditanya capres dan cawapresnya, jawabannya belum ada arahan Pak Lurah. Saya sempat mikir, siapa ini Pak Lurah? Sedikit-sedikit kok Pak Lurah,” ujar Jokowi sambil tersenyum, seperti ditayangkan dalam kanal Youtube DPR RI dan dikutip Solopos.com.

Alih-alih senang disebut Lurah, Jokowi menandaskan dirinya bukan hanya pemimpin tingkat kelurahan melainkan pemimpin seluruh Indonesia.

Ia menegaskan sebagai Presiden Republik Indonesia dirinya tidak ikut campur dalam menetapkan calon presiden dan wakil presiden.

“Belakangan saya tahu yang dimaksud Pak Lurah ternyata saya. Iya, saya jawab saja, saya bukan lurah, saya adalah presiden Republik Indonesia,” tandas mantan Wali Kota Solo itu.

Jokowi membantah bisa mengatur partai politik karena dirinya bukanlah seorang ketua umum parpol.

Justru ia mengembalikan kepada para ketua umum parpol terkait koalisi menuju Pilpres 2024.

“Sesuai ketentuan undang-undang, yang menentukan capres dan cawapres itu adalah partai politik dan koalisi partai poliitk. Jadi saya ingin mengatakan, itu bukan wewenang saya, bukan wewenang Pak Lurah,” kata Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya